Doa Masuk Pasar

Posted on

Doa Masuk Pasar.

Pasar adalah merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi sebuah kawasan misalnya desa / bahkan kota besar.

Selain untuk tempat mencari barang dan jasa, pasar-pun bisa membuka lapangan kerja bagi mereka yang ingin berdagang dan menawarkan jasa mereka.

Sehingga pasar merupakan titik nadi yang sentral bagi banyak orang untuk mendapatkan sesuatu. Terlebih lagi pasar tradisional yang biasanya menjajakan barang dagangan lebih murah ketimbang membeli di pasar swalayan.

Maka dari itu, meskipun pasar menjadi suatu hal yang penting bagi sebuah kawasan, namun juga menyimpan hal yang tak terduga.

Jadi diusahakan sebisa mungkin sesudah kita membaca doa masuk pasar yang shahih, maka perbanyak dzikir untuk menghindari dari segala keburukan yang ada dipasar tersebut.

Doa Masuk Pasar

Doa Masuk Pasar
بِسْمِ اللهِ اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَهَذَالسُّوْقِ وَخَيْرَ مَافِيْهَا اَللهُمَّ اِنِّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَاوَشَرِّمَافِيْهَا
BISMILLAAHI ALLOHUMMA INNII AS-ALUKA KHOIRO HAADZAS SUUQI WA KHOIRO MAA FIIHAA, AL-LOOHUMMA INNI A’UUDZUBIKA MIN SYARRIHAA WA SYARRIMAA FIIHA.
Artinya:

Dengan nama Alloh, ya Alloh bahwasanya aku memohon kepada-Mu kebaikan pasar ini dan kebaikan yang ada didalamnya, ya Alloh bahwasanya aku berlindung diri dengan Engkau dari kejahatan (bencana) pasar ini dan kejahatan yang ada di dalamnya.

 

Barang  siapa yang membaca doa Masuk pasar di atas ketika akan masuk pasar, Alloh swt akan mencatat untuknya satu juta kebaikan, dan menghapuskan darinya satu juta keburukan.

Manfaat Doa Pasar           

Sebenarnya pasar Adalah tempat perangnya setan dan tempat ditancapkan bendera kebesarannya. Dari Salman, ia berkata:

Baca Juga :  Doa meminta Pertolongan

لَا تَكُونَنَّ إِنْ اسْتَطَعْتَ أَوَّلَ مَنْ يَدْخُلُ السُّوقَ وَلَا آخِرَ مَنْ يَخْرُجُ مِنْهَا فَإِنَّهَا مَعْرَكَةُ الشَّيْطَانِ وَبِهَا يَنْصِبُ رَايَتَهُ

 Artinya:

Jika engkau bisa, janganlah menjadi orang yang pertama masuk pasar dan terakhir keluar darinya.

Karena pasar merupakan sebuah medan peperangan syetan dan di sanalah seten menancapkan benderanya.

Disamakan pasar dan aktifitas setan yang mengganggu penghuninya dengan perang, karena adanya sebuah kebatilan yang terjadi di pasar tersebut, contoh-nya: berbuat curang, penipuan, dusta, sumpah palsu, akad batil, menjual sesuatu yang sudah dipesan orang lain, membeli barang yang sudah ditawar oleh orang lain, mengurangi takaran dan timbangan, ikhtilath, dan kebatilan lainnya.

Bahkan ditancapkan bendera setan di pasar adalah menunjukkan bahwa setan benar-benar bercokol di pasar. Di pasar, pelajurit-pelajurit setan berkumpul untuk menyeberkan perselisihan di antara manusia dan menjebak mereka kedalam perbuatan-perbuatan buruk di atas dan semisalnya. Maka dari sini, pasar yakni tempatnya setan dan tempat bala pelajuritnya. Sehingga para penghuni pasar tersebut dikuasai kelalaian. Oleh karena itu, pasar tersebut menjadi tempat yang paling tidak disukai oleh Alloh Swt .

Berikut:

Adab Masuk Pasar

1.Jika pembeli masuk pasar, maka hendaknya tidak berlama-lama didalamnya. karena didalamnya banyak terdapat maksiat, kecuranagn, penipuan, perbuatan sia-sia, dan amalan kebaikan didalamnya sangat sedikit. Juga banyaknya perempuan atau laki-laki yang memamerkan dirinya dengan jenis pakaian dan perhiasan.
2.Banyak berdzikir ketika saat memasuki pasar, utamanya dzikir /doa berlindung dari godaan dan tipu daya syaithan. Tidak dipungkiri bahwa pasar adalah sumber semua keperluan dunia yang menggiurkan, dan bisa melalaikan dari dzikir dan niat baik.
3.Tidak memasukinya kecuali untuk suatu keperulan agar bisa menjaga dan menjauhkan diri berbagai macam yang bisa menimbulkan dosa dan kezaliman.
4.Tidak harus membawa perempuan didalamnya kecuali jika saat dibutuhkan, dan hukumnya wajib memakai pakaian atau hijab syari.
5.Hendaknya barang-barang yang dibeli harus yang bermanfaat.
6.Menjaga pandangan mata.
Doa Lainya :
Baca Juga :  Doa Nabi Daud