Doa Masuk Masjid

Posted on
Doa masuk masjid – lengkap arab latin dan artinya begitu penting juga kita bahas. Tiap hari seorang muslim khususnya laki-laki mendatangi masjid. Untuk melaksanakan ibadah utama shalat wajib berjamaah. Baik itu shalat dhuhur, asar, maghrib, isya, dan subuh. Apabila hal itu belum terbiasa akan lebih kita mulai dari sekarang juga.
Sebab melakukan shalat wajib secara berjamaah itulah adalah mengikuti sunah Nabi Muhammad Saw. Tentu saja para sahabat beliu juga melaksanakannya. Akan lebih membahagiakan lagi bila menuju ke masjid tidak hanya sendiri namun mengajak seluruh anggota keluarga. Masuk surga sekeluarga.  Selamat dunia dan akherat secara bersama-sama.
Sebelum melakukan shalat berjamaah di dalam masjid tentu kita perlu memperhatikan adab-adabnya. Terutama doa tatkala memasukinya. Ini juga satu hal yang termasuk amalan ringan namun berpahala.

Doa masuk masjid. Merupakan rutinitas umat islam yang ingin melaksanakan shalat berjamaah. Saat hendak memasuki masjid kita disunahkan melangkahkan kaki kanan terlebih dahulu serta membaca doa masuk masjid seperti berikut ini.

Doa Masuk Masjid

Doa Masuk Masjid
اَللّهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ
“A‌llahummaf-tahlii abwaaba rahmatika”.
“Ya Allah, bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu”.

 

Masjid adalah tempat suci yang dimuliakan oleh Alloh SWT yang wajib dihormati dan dijaga kebersihannya. Sebagai umat Islam wajib menghargai dan menggunakan sopan santun yang tepat ketika memasuki tempat ibadah. Dianjurkan untuk berwudhu terlebih dahulu sebelum memasuki masjid, agar dalam keadaan suci karena masjid adalah tempat ibadah. Untuk itu setiap muslim wajib tahu dan paham bagaimana bacaan doa masuk masjid yang baik dan benar.

Dalam hukum islam, cara untuk memasuki masjid yang pertama kali dilakukan adalah dengan mendahulukan kaki kanan. Seperti yang diajarkan oleh Rasulullah saw untuk melakukan segala sesuatu yang baik-baik harus dilakukan dengan mendahulukan bagian tubuh yang sebelah kanan termasuk ketika akan masuk ke tempat ibadah. Memang, tidak ada aturan khusus dalam Al Qur’an untuk mendahulukan kaki kanan jika masuk ke tempat ibadah umat muslim ini, namun begitu ini merupakan anjuran dari Rasulullah saw.

Baca Juga :  Asmaul Husna

Setelah masuk dan berdoa maka disunahkan untuk shalat sunah dua rakaat atau yang disebut dengan tahiyatul masjid. Salat ini dilakukan setelah masuk ke tempat ibadah sebelum melakukan sholat fardhu atau sebelum duduk di masjid. Orang yang memasuki masjid disunahkan untuk tidak duduk terlebih dahulu sebelum melakukan sholat sunah.

Oleh sebab itu, jika hendak bepergian ke tempat ibadah umat islam ini, pastikan jika dalam keadaan suci atau sudah berwudhu dari rumah. Hal ini sangat penting apalagi kalau kita berada di Mekah maka doa masuk ke Masjidil Haram wajib dibaca Sebagai rasa hormat kita ke tempat yang suci tersebut.

Adab atau etika ketika masuk masjid adalah berdoa. Ada Doa khusus ketika akan memasuki masjid seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Dengan membaca doa ketika masuk tempat ibadah ini, maka Anda telah menghargai kesucian dari tempat ibadah tersebut.

Dalam Islam setiap umatnya dianjurkan untuk membaca doa sebelum memasuki masjid, untuk ada doa kusus ketika memasuki masjid. Bacaan doa masuk masjid ini merupakan badah sunnah yang wajib diajarkan kepada anak-anak generasi Islam. Dengan harapan agama islam ini akan terus berkembang dan memberi manfaat untuk seluruh alam semseta. Doa masuk masjid dan doa keluar masjid merupakan suatu adab yang baik ketika memasuki tempat ibadah umat Islam tersebut.

Demikian ulasan tentang doa masuk masjid. Semoga penjelasan tentang doa-doa ini bisa semakin menambah pemahaman Anda tentang adab dan memuliakan Masjid sebagai tempat Ibadah umat Islam.

Baca Juga :  Doa Nabi Daud