Doa Masuk Kuburan

Posted on
Doa Masuk Kuburan
Selain berziarah kubur disunnahkan dalam agama Islam. Selain untuk membuat kita ingat wacana adanya selesai hidup dan bahwa kehidupan di dunia tidaklah kekal, berziarah kubur juga dapat menjadi sarana untuk kita mengenang saudara atau sahabat kita yang telah mendahului kita.

Doa Kubur. Rasulullah Saw mengajarkan kita bahwa ketika memasuki masuk kuburan atau berziarah sebaiknya kita berdoa. Berikut doa masuk kuburan yang sebaiknya dibaca ketika Anda memasuki area kuburan atau pemakaman.

Ketika memasuki area pemakaman, kita diharuskan melepas sandal atau ganjal kaki kita. Kita juga sebaiknya membaca doa masuk kuburan sebagai penghormatan dan doa bagi para penghuni kubur. Doa masuk kuburan ibarat yang diajarkan rasululloh memiliki lafal sebagaimana berikut:

Dao Masuk Kuburan.

Doa Masuk Kuburan
السَّلامُ على أهْلِ الدّيارِ مِنَ المُؤْمنينَ وَالمُسْلمينَ وَيَرْحَمُ اللَّهُ المُسْتَقْدِمِينَ مِنْكُمْ وَمِنَّا وَالمُسْتأخِرِين وَإنَّا إنْ شاءَ اللَّه بِكُمْ لاحِقُونَ
Assalâmu ‘alâ ahlid diyâr minal mu’minîna wal muslimîn yarhamukumuLlâhul-mustaqdimîn minkum wa minnâ wal musta’khirîn, wa wa innâ insyâ-Allâhu bikum lâhiqûn
Artinya :
Assalamu’alaikum, hai para mukmin dan muslim yang bersemayam dalam kubur. Semoga Allah melimpahkan rahmat kepada mereka yang telah mendahului dan yang akan menyusul kalian dan yang telah mendahului dan akan menyusul) kami. Sesungguhnya kami insyaallah akan menyusul kalian.”

“Barangsiapa seseorang yang memasuki areal kuburan, lalu dia mengucapkan salam di kuburan tersebut, maka Alloh Swt akan memberinya pahala kebaikan (50) tahun, dan mengampuni semua dosanya serta dosa kedua orang tua.

Bacaan saat sedang berziarah.

1. Surat Al-Qadar.
2. Surat Al-Fatihah.
3. Surat Al-Falaq.
4. Surat An-Nas.
5. Surat Al-Ikhlash.
6. Ayat Kursi.

Dalam sebuah hadis disebutkan: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Qadar sebanyak (7 kali) di kuburan seorang mukmin, Alloh mengutus malaikat padanya untuk beribadah di dekat kuburannya, dan mencatat bagi si mayit pahala dari ibadah yang dilakukan oleh malaikat itu sehingga Allah memasukkan ia ke surga. Dan dalam membaca surat Al-Qadar disertai surat Al-Falaq, An-Nas, Al-Ikhlash dan Ayat kursi, masing-masing (3 kali).”

Salah satu cara untuk melembutkan hati dan mengingatkan diri kitan yakni dengan melakukan ziarah kubur atau mrndoakan orang yang sudah meninggal duninya. Dengan berziarah kita akan ingat kembali apa hakikat kita hidup di dunia selama ini. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari berziarah.

Agar berbuah pahala, maka ziarah harus sesuai dengan tuntunan syari’at yang mulia ini. Berikut ini adab-adab ziarah kubur sesuai syariat:

Adab Berziarah.

1. Hendaknya mengingat tujuan utama berziarah.
Inga-lah selalu hikmah disyari’atkannya ziarah kubur, yakni untuk mengambil pelajaran dan mengingat kita dengan kematian.
2. Tidak boleh melakukan safar untuk berziarah.
3. Mengucapkan salam ketika masuk kompleks pekuburan.
4. Tidak memakai sandal ketika memasuki pekuburan.
5. Tidak duduk di atas kuburan dan menginjaknya.
6. Mendo’akan mayit jika dia seorang muslim.
7. Boleh mengangkat tangan ketika mendo’akan mayit.
8.  Tidak mengucapkan al hujr.
9. Diperbolehkan menangis tetapi tidak boleh meratapi mayit.
Menangis mayit diperbolehkan sebagaimana Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menangis ketika menziarahi kubur ibu beliau sehingga membuat orang disekitar beliau ikut menangis. Tetapi jika sampai tingkat meratapi mayit, menangis dengan histeris, menampar pipi, merobek kerah, maka hal ini diharamkan.
Untuk itu, ritual berziarah kubur sejatinya membuat diri kita selalu mengingat bahwa terbatasnya hidup manusia dan kembalinya ke kubur tak akan pernah membawa harta maupun apa yang dimiliki di dunia. Semuanya akan kembali sebagaimana terlahir tak membawa apa-pun. Jasad terurai dan ruh akan dimintai pertanggungjawaban kelak di akhirat. Seluruh amalan ibadah telah tak bisa dijalankan lagi, sebab habisnya waktu di dunia.
Itulah Doa dan adab Saat  Berziarah semoga bisa bermanfaat.
Baca Juga :  Doa ketika Hujan