Doa ketika Hujan

Posted on

Doa Ketika Hujan Lengkap dengan Bahasa Arab, Latin dan Indoesia agar mudah dipahami oleh pemula yang baru belajar.

Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang doa ketika hujan. Mulai dari anjuran membaca doa saat hujan sampai doa ketika hujan beserta cara membaca doa saat hujan dalam bahasa Arab, bacaan doa saat hujan dalam bahasa Latin, artinya doa saat hujan

Hujan adalah salah satu hadiah dan nikmat yang diberikan Allah Swt. Tetapi curah hujan, yang terkadang membuat lingkungan tampak gelap dan ditambah dengan kilat, angin dan petir, membuat hujan menjadi sumber kecemasan bagi makhluk hidup, termasuk manusia. Begitu banyak orang cenderung mengeluh ketika musim hujan tiba.

Meskipun hujan adalah sumber kehidupan, hujan dapat memenuhi kebutuhan air bersih untuk makhluk hidup di Bumi. Semua makhluk hidup di bumi membutuhkan air untuk menopang kehidupan mereka. Karena itu, Nabi Muhammad Saw mendorong kita untuk bersyukur atas hujan melalui doa.

Isi Artikel :

Anjuran membaca doa ketika Hujan

Hujan secara ilmiah berarti jatuhnya rintik air yang berasal dari kumpulan titik awan yang mengalami saturasi maksimum. Hujan itu sendiri adalah salah satu fase siklus air di Bumi, di mana air laut menguap menjadi awan dan kemudian ditiup angin sampai di daerah tertentu.

Awan berkumpul dan tumbuh di sekitarnya dengan awan lain. Setelah awan mencapai titik jenuhnya, awan yang diciptakan oleh jutaan titik air itu jatuh bergantian, yang kemudian disebut hujan. Dan air hujan diserap dari bumi dan diproses ulang hingga mencapai laut.

Doa Hujan adalah doa yang dilafalkan saat hujan. Doa ini adalah wujud rasa terima kasih kami atas pemberian Allah Swt dan juga permohonan kepada Allah untuk memberikan hujan yang bermanfaat bagi kita. Ummul Mu’minin atau Aisyah Radhiyallahu ‘anha mengatakan bahwa Nabi pernah berkata :

Baca Juga :  Doa Nabi Yusuf

اِنَّ النَّبِيَّ – صلى الله عليه و سلم – كَانَ اِدَا رَاَى الْمَطَرَ قالَ : اَللهُمَّ صَيِّبًا نَفِعًا

(Innannabiyyi saw : kanna idaa rha’almadharha kaala : Allahumma Ayyiban nafi’an)

Artinya : “Nabi saw ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan : Allahumma sayyiban nafi’an atau Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat.” (HR. Bukhori : 1032)

Doa ketika Hujan

Berikut ini adalah bacaan doa yang direkomendasikan yang dibaca sesuai dengan hadis para sahabat Nabi ketika hujan yaitu :

اَللهُمَّ صَيِّبًا نَفِعًا

Atau

هَللَّهُمَّ اجْعَلْهُ صَيِّبًا نَفِعًا

Sedangkan doa hujan dalam bahasa Latin dibaca sebagai berikut :

(Allahumma shayyiban nafi’an)

Atau

(Allahummaj’alhu shayyiban nafi’an)

Dua arti dari bacaan doa hujan yang disebutkan di atas adalah sebagai berikut:

Ya Allah, turunkan hujan yang bermanfaat kepada kami

Atau

Ya Allah, berikanlah hujan yang berguna bagi kita

Itulah anjura dan doa bagi kaum muslimin ketika datang hujan, Semoga bermanfaat dan menjadikan kamu mendapat RidhoNya di dunia dan akhirat.

Doa Lainnya :