Doa Keluar Rumah

Posted on

D0a keluar rumah – Dalam melakukan aktifitas sehari-hari sebagai umat islam kita dianjurkan untuk berdoa kepada Alloh Swt, begitu juga ketika kita akan masuk kedalam rumah dan keluar dari rumah kita di anjurkan untuk berdoa.

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi saat kita keluar dari rumah. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk berpasrah diri kepada All0h SWT melalui sebuah doa.

Doa ini dibaca sebelum atau ketika keluar dari rumah, dengan harapan agar All0h SWT senantiasa melindungi kita kemanapun kita pergi, hingga kembali pulang lagi ke rumah.

Berikut ini adalah lafadz doa masuk rumah dan keluar rumah dengan latin dan terjemahnya.

Doa keluar Rumah

Doa Keluar Rumah
باسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ على اللَّهِ وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ باللَّهِ
Bismillahi tawakkaltu ‘alallaahiwa laa haula wa laa quwwata illaa billah

 

Artinya:

Dengan menyebut nama All0h. Aku bertawakkal kepada All0h, dan  tiada daya serta kekuatan kecuali dengan (pertolongan) Alloh.

Dalam hadis dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan keutamaan doa tersebut.

Apabila seseorang keluar dari rumahnya kemduian dia membaca doa  tersebut.

Maka disampaikan kepadanya, ‘Kamu diberi petunjuk, kamu dicukupi kebutuhannya, dan kamu dilindungi.’ Seketika itu setan-setan pun menjauh darinya. Lalu salah satu setan berkata kepada temannya, ’Bagaimana mungkin kalian bisa mengganggu orang yang telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi.’ (HR. Abu Daud, no. 5095; Turmudzi, no. 3426; dinilai shahih oleh Al-Albani).

Rahasia Keutamaan Doa Keluar Rumah

Jika kita perhatikan, doa keluar rumah ini sangat pendek, ringan diucapkan, namun memiliki keistimewaan yang besar. Anda bisa bayangkan, hanya dengan membaca doa ini, Anda bisa mendapatkan jaminan keamanan, jaminan kecukupan, berikut hidayah dari All0h. Yang semua itu merupakan sumber kebaikan dunia dan akhirat bagi hamba.

  • Hidayah merupakan kebutuhan mutlak seorang hamba untuk bisa istiqamah di atas agama All0h, yang nantinya akan mengantarkannya menuju kebahagiaan akhirat.
  • Kecukupan merupakan sumber ketenangan seorang hamba ketika hidup di dunia, sehingga dia tidak kekurangan (lahir) atau merasa kekurangan (batin).
  • Perlindungan dari setan merupakan jaminan keamanan dari segala makarnya yang merupakan sumber kejahatan dan kerusakan bagi kehidupan dunia dan akhirat.
Baca Juga :  Doa Nabi Musa

Al-Munawi menukil satu penjelasan yang sangat indah dari Ath-Thibi tentang doa ini,

فإذ استعاذ العبد بالله باسمه المبارك فإنه يهديه ويرشده ويعينه في الأمور الدينية وإذا توكل على الله وفوض أمره إليه كفاه فيكون حسبه {ومن يتوكل على الله فهو حسبه} ومن قال لا حول ولا قوة إلا بالله كفاه الله شر الشيطان

“Apabila seorang hamba memohon perlindungan kepada All0h melalui nama-Nya yang penuh berkah, maka All0h akan memberinya petunjuk, membimbingnya, dan menolongnya untuk dimudahkan dalam urusan agama. Apabila seorang bertawakal kepada Alloh dan menyerahkan urusannya kepada Alloh, maka Alloh akan mencukupinya.

Dan karunia All0h yang mencukupinya, sebagaimana di ayat yang artinya,

Barang siapa yang bertawakal kepada Alloh, maka Dia akan mencukupinya.’ Sementara orang yang membaca laa quwwata illaa billaah,Alloh akan lindungi dia dari kejahatan setan.” (Faidhul Qadir, Al-Munawi, 5:123)

Allahu a’lam.

Doa Masuk Rumah.

Doa Masuk Rumah.
اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ
Assalaamu ‘alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillaahish shoolihii.

Artinya:

“Semoga keselamatan atas kita, hamba-hamba Alloh yang shalih.”

Setan pertama berkata kepada setan kedua yang ingin menganggumu. Ia berkata “Kaifa laka birajulin?” ” Bagaimanakah engkau dengan seseorang yang engkau tidak punya kekuatan untuk menganggunya.

Seseorang yang telah diberi hidayah oleh Allah untuk mengingat Alloh, dan telah Alloh cukupi, Allah lindungi dari gangguanmu dan Alloh jaga dari tipu dayamu. Adalah suatu hal yang sia-sia menganggunya. Lebih baik kamu balik saja dan cari orang lain yang bisa diganggu?

Ada hadits yang sifatnya umum yang membicarakan keutamaan orang yang masuk rumah dengan menyebut nama Allah. Dari Jabir bin ‘Abdillah, ia pernah mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Baca Juga :  Doa Game , Doa Xtreme 3 , Doa Online , dan Game doa

إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَذَكَرَ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ وَعِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ لاَ مَبِيتَ لَكُمْ وَلاَ عَشَاءَ. وَإِذَا دَخَلَ فَلَمْ يَذْكُرِ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ. وَإِذَا لَمْ يَذْكُرِ اللَّهَ عِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ وَالْعَشَاءَ

Jika seseorang memasuki rumahnya lantas ia menyebut nama Alloh saat memasukinya, begitu pula saat ia makan, maka setan pun berkata (pada teman-temannya), “Kalian tidak ada tempat untuk bermalam dan tidak ada jatah makan.” Ketika ia memasuki rumahnya tanpa menyebut nama Alloh ketika memasukinya, setan pun mengatakan (pada teman-temannya), “Saat ini kalian mendapatkan tempat untuk bermalam.” Ketika ia lupa menyebut nama Alloh saat makan, maka setan pun berkata, “Kalian mendapat tempat bermalam dan jatah makan malam.

Itulah Doa-doa keluar rumah dan masuk rumah semoga bermanfaat.