Doa keluar Masjid

Posted on

Doa keluar Masjid

Keluar masjid hendaklah kita untuk membaca doa. Sudah seharusnya sebagai orang muslim setiap akan melakukan atau sesudah beraktivitas untuk selau berdoa. Termasuk salah satunya saat keluar dari masjid.

Masjid adalah tempat yang penuh rahmat dan barokah karena masjid-lah tempat umat Islam beribadah kepada Alloh swt.

Selain menjaga kebersihan, masjid juga tidak boleh disalahgunakan. Cukuplah masjid menjadi tempat beribadah, dan tempat untuk bermusyawarah. Perlu diingat bahwa setiap yang kita lakukan terutama didalam majid adalah untuk mencari ridha Alloh swt.

Setelah pulang dari masjid jangan lupa untuk membaca doa. Jika setelah keluar dari kamar mandi kita berdoa agar tidak ada setan yang ikut keluar bersama kita. Lain halnya dengan keluar dari masjid dimana kita berdoa agar setelah sepulangnya dari masjid tetap mendapat-kan barokah Alloh swt.

Berikut doa keluar masjid yang bisa untuk dihafal dan diamalkan. Doa dibawah ini tidak hanya untuk dibaca ketika keluar dari masjid saja, tapi juga keluar dari mushola atau langgar.

Doa Keluar Masjid

Doa Keluar Masjid
اَللّهُمَّ اِنِّيْ أسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ
“Allahumma innii as-aluka min fadhlik”
Artinya:
Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu atas segala keutamaan dari-Mu.

Hadits Doa Keluar Masjid

Berikut ini terdapat hadit yang mewajipkan kita untuk selau membaca doa pada saat akan keluar masjid, seperti yang terdapat dalam hadits Abu Sa’id ra berikut ini:

إِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمُ الْمَسْجِدَ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ افْتَحْ لِى أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ. وَإِذَا خَرَجَ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Idzaa dakhala ahadukumul masjida falyaqulillahummaf tahlii abwaaba rahmatik. Wa idzaa khharaja falyaqulillahumma innii as-aluka min fadhlik.”

Baca Juga :  Yasin

Jika salah seorang yang memasuki masjid, maka hendak lah mengucapkan “Allahummaftahlii abwaaba rahmatik

Artinya:

Ya Alloh, bukakanlah pintu rahmatMu.”

 

Jika akan keluar dari masjid hendak-lah mengucapkan “Allahumma innii as-aluka min fadhlik

Artinya:

Ya Allah, aku memohon kepadaMu diantara karuniaMu).”

Sebagaimana doa memasuki masjid, berdoa sebelum melangkahkan kaki keluar dari masjid merupakan cara memuliakan masjid. Sama halnya dengan masuk masjid, keluar masjid-pun harus mendahulukan kaki kanan.

Tidak cuma itu jika berada didalam masjid ada adab-adab yang perlu kita pahami maka saat keluar-pun juga sama. Saat keluar hendaklah untuk membaca basmalah dan doa keluar masjid. Dahulukan pula kaki kanan saat akan memakai alas kaki atau sendal.

Jangan mendzalimi orang lain atau dengan mengambil alas kaki yang bukan haknya. Hendaklah menjalin silaturahmi dengan sesama muslim dengan cara tegur sapa.

Berikut adalah Ada-adab saat keluar masjid.

Adab

  1. Mengucapkan doa kafaratul majelis: Subhaanaka Alloohumma wabihamdika asyhaduallaa ilaaha illaa anta astaghfiruka waatuubu ilaik.
  2. Saat hendak keluar masjid harus mendahulukan kaki kiri.
  3. Menutup pintu kembali masjid sebelom keluar dari masjid.
  4. Memberi salam kepada orang yang masih berada di dalam masjid.

Sama seperti saat ketika memasuki masjid, ketika keluar masjid umat Islam juga disunahkan untuk membaca lafadz doa keluar masjid yaitu ‘Allahumma inni as-aluka min fadhlik’, yang artinya:

“Ya Allah, Aku Meminta karunia dari – Mu.” Tidak hanya itu, saat keluar masjid, kita juga disarankan untuk mendahulukan kaki sebelah kiri.

Inilah kenapa Al Ghazali menegaskan bahwa tata krama  adabiyah cara yang baik dan benar ketika saat keluar dari masjid. Supaya kita menyingkirkan sifat-sifat tidak terpuji tatkala secara bersamaan kita juga sedang beribadah. Karena terkadang, setan justru menggoda manusia di saat manusia itu melakukan Ibadah sekalipun,
termasuk pada saat keluar dari dalam masjid.
Itulah doa keluar dari masjid semoga bermanfaat bagi kita semua.