Doa Keluar Kamar Mandi

Posted on

Doa Keluar Kamar Mandi Arab, latin dan arti terjemah indonesia akan kita bahas melalui artikel kali ini. untuk lebih jelasnya sima pemberitahuan dibawah ini.

Dalam Islam sendiri, kamar mandi digunakan oleh syetan dan jin untuk tempat tinggal mereka. Karena memang, mereka menyukai tempat yang lembab dan kotor seperti toilet atau wc.

Sebagaimana yang kita ketahui, WC, kamar mandi, atau jamban adalah tempat untuk membuang hajat, baik itu hajat besar maupun hajat kecil. Kita dianjurkan untuk membaca doa terlebih dahulu keluar kamar mandi attau WC. Doa keluar WC ini sangat singkat dan mudah afalkan.

Berdoa sebelm kita keluar dari WC bertujuan agar kita terhindar dari godaan setan, baik setan laki-laki atau-pun setan perempuan.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini akan berbagi Doa keluar dari WC atau Toilet agar kita terhindar dari godaan setan, jadi sangat di anjurkan untuk berdoa pada saat memasukinya dan keluar dari wc tersebut berikut doa keluar wc.

Doa Keluar Kamar Mandi

Doa Keluar Kamar Mandi
أَنَّ النَّبِىَّ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- كَانَ إِذَا خَرَجَ مِنَ الْغَائِطِ قَالَ : غُفْرَانَكَ
Artinya:
“Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa setelah beliau keluar kamar mandi beliau ucapkan “ghufronaka” (Ya Allah, aku memohon ampun pada-Mu).”
Doa diatas dibaca ketika seeorang akan keluar dari Wc atau kamar mandi dengan mendahulukan kaki kanan. sebagai rasa bersyukur kepada Alloh Swt atas nikmat yang kita peroleh, yang telah menghilangkan kotoran yang ada pada tubuh kita, dan supaya terbebas dari sumber penyakit yang ada di dalam Toilet.
Saat sedang membuang hajat seperti buang air besar atau air kecil, tidak boleh menghadap atau membelakangi kiblat, akan tetapi dengan arah menyamping.
Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, “Apabila seseorang hendak membuang hajat, maka janganlah menghadap kiblat atau membelakanginya. Akan tetapi  ia menyamping dari arah kiblat”. (HR. Al-Bukhari). Namun jika menyamping tidak bisa, maka arahkan selain arah ke kiblat.
Setelah mengetahui doa Keluar WC, anda juga harus mengetahui adab ketika berada di kamar mandi . Karena terkadang orang langsung keluar kamar mandi tanpa memperhatikan adab tersebut.

Adab saat  keluar dan masuk kamar mandi

Berikut adalah beberapa adab saat keluar dan masuk kamar mandi
  1. Ketika akan memasuki kamar mandi, hendaklah membaca بِسْمِ اللهِ agar ketika sedang berada di kamar mandi terhindar dari gangguan setan atau jin kafir.
  2. Membaca doa sebelum masuk ke kamar mandi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.
  3. Ketika akan melangkah masuk ke kamar mandi, dahulukan kaki kiri terlebih dahulu. Karena kamar mandi merupakan tempat najis tempatnya setan berada.
  4. Ketika berada di kamar mandi atau WC, pakailah alas kaki seperti sandal jepit atau sandal plastik.
  5. Ketika saat berada di dalam kamar mandi atau WC, usahakan jangan bernyanyi atau berbicara keras.
  6. Ketika berada di kamar mandi atau WC, dilarang membawa  Al Qur’an.
  7. Jika sedang didalam kamar mandi atau WC ingin buang air besar atau buang air kecil, usahakan jangan menghadap kiblat. Usahakan dengan arah menyamping, Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, “Apabila seseorang dari kalian buang hajat, maka janganlah menghadap kiblat atau membelakanginya. Akan tetapi hendaknya ia menyamping dari arah kiblat”. (HR. Al-Bukhari). Namun jika menyamping tidak bisa, maka arahkan selain arah ke kiblat.
  8. Tidak boleh menjawab salam atau mengucapkan salam dari kamar mandi.
  9. Usahakan menutup pintu kamar mandi agar supaia aurat tidak terlihat oleh orang lain dari luar.
  10. Jika sudah selesai buang hajat, hati-hati dengan najis, ketika selesai buang hajat besar dan hajat kecil, siram atau aliri sampai benar-benar bersih.

Ketika akan melangkah kaki keluar dari kamar mandi, dahulukan kaki kanan dengan disertai membaca doa غُفْرَانَكَ yang artinya

“Aku meminta ampun kepadaMu”.

Doa lainnya :

Baca Juga :  Doa Sebelum Berhubungan

Itulah bacaan doa keluar kamar mandi atau wc semoga bermanfaat