Doa Akhir Tahun

Posted on

Kali ini kita akan membahas materi atau doa yang mustajab yaitu doa akhir tahun yang meliputi bahasa arab dan latin serta artinya

Akhir Tahun

Akhir tahun adalah keadaan ketika mendekati akhir tahun dan beralih ke tahun baru. Pada akhir tahun ini, kalender membuat banyak penyesuaian untuk referensi.

Ada beberapa jenis tanggal yang dikenal di Indonesia. Tanggal serupa dengan kalender Kristen, kalender Islam, kalender Jawa dan tanggal kalender lainnya berdasarkan perhitungan tertentu.

Kalender Kristen menggunakan perhitungan Matahari sebagai pedoman untuk rotasi Bumi. Sedangkan kalender Hijriah dan kalender Jawa menggunakan perhitungan rotasi bulan ke bumi.

Seperti Muslim, pergantian tahun didasarkan pada kalender Islam. Tahun hijrah dimulai pada 1 Muharam dan berakhir sebelum Zul-Hija ke-30.

Tabel berikut menunjukkan urutan bulan pada tahun hijrah:

doa akhir tahun

Tetapi bagi sebagian orang, mengetahui dan mengetahui apakah akhir tahun Hijrah akan datang, tahun Jawa yang baru juga akan disertai. Akhir tahun ditandai dengan kedatangan 1 sangat.

Malam 1 Suro dianggap sebagai malam suci bagi sebagian orang Jawa. Karena akan ada banyak upacara suci malam ini.

Menyambut Tahun Baru Hijra yang akan datang, kebanyakan orang Indonesia memiliki kebiasaan atau tradisi yang unik atau berbeda di setiap wilayah. Mungkin upacara tradisional, tradisi sakral, dll.

Ini adalah keunikan yang hanya dapat ditemukan di Indonesia dan tidak di tempat lain. Karena memang Indonesia memiliki keanekaragaman dalam Keesaan dalam Keanekaragaman.

Namun pada kenyataannya, upacara atau ritual yang sempurna adalah ungkapan terima kasih atas apa yang mereka terima tahun ini. Dan bersiap untuk tahun baru yang lebih baik.

Baca Juga :  Arti Hadanallahu Wa iyyakum

Bahkan, hal terbaik yang harus dilakukan pada akhir tahun adalah membaca doa untuk akhir tahun sebagai ucapan syukur kepada Tuhan.

Pada kesempatan ini, tur akan berbicara tentang bacaan doa pada akhir tahun, hukum, etiket dan keutamaan latihannya.

Doa di akhir tahun

Bagi Anda yang ingin mempraktikkan doa dan pengingatan akhir tahun untuk mengingat Allah dan berserah kepada-Nya, bacalah ayat-ayat berikut.

Anda juga didorong untuk berpikir dengan hati-hati tentang makna yang terkandung dalam setiap ayat doa pada akhir tahun ini.

Doa Akhir Tahun dalam Bahasa Arab

وصاى الله على سيد نا محمد دعلى اله وصحبه وسلم, اللهم ما عملت فى هذه السنة مما نهيتني عنه فمم اتب منه وام ترضه ولم تنسه وحلمت علي بعد قدرتك على عقو بتى الي اتوبة منه بعد جراتى على معصيتك فاءنى استغفرك فاغفرلى وما عملت فيها مما ترضاه ووعدتنى علىه الثواب فاسئلك اللهم يا كريم ياذاالللل والاكرام ان تتقو لا تقطع رجائى منك ياكريم وال م الله

Doa akhir tahun Latin dibaca

doa akhir tahun latin

Artinya

” Semoga Rahmat dan kasih sayang tercurahkan kepada habibina nabina muhammad shalallahu alaihi wasallam beserta keluarganya, para sahabat dan umatnya kelak mendapatkan syafaat dari beliau.”

” Ya rabb, Ampunilah dosa-dosa hamba pada tahun ini, sedangkan hamba belum bertobat dari dosa hamba, dan engkau belum meridhoinya dan tidak melupakan apa yang hamba perbuat padahal engkau maha kuasa segalanya yang kapan pun bisa menghukum hamba, dan hamba tahu engkau telah memberi peringatan kepada hamba agar bertobat setelah hamba berbuat dosa dan mendurhakai MU Ya rabb

Maka dengan ini hamba bersungguh-sungguh memohon ampun dari segala dosa-dosa yang hamba perbuat, ampunilah hamba ya rabb…

Semua yang telah aku perbuat pada tahun ini dan sudah Engkau berikan pahala nya kepada hamba, dengan ini sungguh hamba meminta ampun kepada-Mu ya rabb, wahai yang maha kuasa dari segalanya yang maha mulia dan mempunyai segala kebesaran dan kemuliaan yang tiada batasnya , hamba mohon untuk menerima tobat hamba ya rabb, dan jangan Engkau tarik harapan hamba kepada-MU ya rabb..wahai yang maha suci dan mulia.”

Doa Hijriah yang disebutkan di akhir tahun itu penting dengan nilai-nilai positif yang sangat baik untuk dikatakan ketika Anda akan menyerah kepada Tuhan. Serta memohon untuk dilindungi dengan berbagai harapan positif. Semoga bermanfaat ya terima kasih..

Baca Juga :  Rukun Sholat

Artikel Lainnya :