Dimensi Momentum

Posted on

Dimensi Momentum-Haii teman-teman semua!! Kali ini suhupendidikan.com akan membagikan sebuah informasi kepada kalian semua yaitu mengenai tentang dimensi momentum yang juga meliputi Pengertian,satuan,rumus,dimensi dan contoh soalnya lengkap

Kali ini kita akan menjelaskan dengan singkat marilah kita simak penjelasan berikut ini :

Dimensi momentum
dimensi mementum

Pengertian Dimensi Momentum

Apakah Yang dimaksud dengan Dimensi momentum? yaitu satu buah sebutan fisika yang mengacu pada kuantitas suatu gerak serta massa yang ada di dalam sesuatu objek.

Sehingga Definisi momentum dapat diartikan ialah sebagai suatu besaran yang diperoleh dari hasil pengalian terhadap suatu besaran skalar massa dengan benda pada suatu besaran vektor dari kecepatan geraknya.

Hingga pada momentum bisa digolongkan sebagai besaran vektor ( ialah suatu besaran yang dapat dipengaruhi oleh arah).

Yang mana pada arah momentum tersebut cocok dengan arah kecepatan.

Sehingga membuat momentum pada suatu partikel bisa dipandang sebagai suatu dimensi yang sangat sulit buat mendiamkan benda.

Apabila mementum tersebut membengkak, hingga bakal terus menjadi dahsyat pula kekuatan yang terdapat pada suatu barang tersebut.

Sehingga apabila pada modul tersebut dalam kondisi diam, hingga momentumnya bakal sama nilainya dengan nol.

Demikian juga pula kebalikannya apabila terus menjadi cepat pergerakannya, sehingga bakal terus menjadi besar pula momentumnya.

Kemudian pada momentum yang ada pada suatu benda yang bergerak.

Rumus Pada Dimensi Momentum

Dimensi momentum

Setelah itu dalam sebutan yang digunakan mekanika klasik, yang mana momentum( bisa dilambangkan dengan hurup P) sehingga bisa maknai sebagai suatu hasil perkalian dari massa serta kecepatan, hingga dihasilkanlah vektor.

Setelah itu Momentum pada suatu barang ataupun dengan lambang( P) dengan memiliki suatu massa dilambangkan dengan hurup meter serta bergerak dengan kecepatan v hingga dapat dimaknai sebagai berikut:

Baca Juga :  Deret Geometri

p= meter. v

p= momentum( Kilogram meter/ s)

meter= massa barang( Kilogram)

v= kecepatan benda( meter/ s)

Dengan bersumber pada rumus di atas, hingga dapat kita uraikan ukuran dari momentum tersebut. ikuti berikut ini metode penguraian dimensinya:

[Momentum]=[massa] x[kecepatan]

=[M] x[L][T]- 1

=[M][L][T]- 1

Sehingga, hasil yang diperoleh dari ukuran momentum yakni[M][L][T]- 1

Besaran Pokok

Dimensi momentum

Apa yang dimaksud dengan besaran pokok? Di dalam ilmu fisika yakni ialah suatu massa, panjang, waktu, arus listrik, temperatur, keseriusan sinar serta jumlah zat.

Setelah itu untuk besaran yang masih terpaut yang lain ialah misalnya semacam tenaga, kemudian percepatan yang mana dari sebagainya dapat dijabarkan dengan campuran besaran tersebut, hingga oleh karena itu diketahui pula sengan istilah besaran turunan.

Setelah itu buat Metode di mana mengatahui dari mana besaran tersebut berasal hingga dapat ditunjukan dengan ukuran besaran.

Setelah itu untuk memakai ukuran sehingga kita bakal menghalangi diri semacam digunakan oleh mekanika serta watak modul saja.

  • Ukuran massa ditulis sebagai [M]
  • Ukuran panjang ditulis selaku [L]
  • Ukuran waktu ditulis sebagai [T]

Ikuti ciri kurung yang ada pada huruf dalam perihal ini menampilkan kalau kita sama- sama berhadapan dengan ukuran besaran.

Yang setelah itu pada ukuran dari tiap besaran yang lain hendak saling ikut serta dalam satu ataupun lebih dari dimensi- dimensi pokok.

Contohnya, dalam mengukur pada suatu volume suatu barang hingga kita hendak mengaitkan hasil kali dari 3 besaran panjang tersebut sehingga bisa ditentukan ukuran volume tersebut[L]3.

Setelah itu masih memakai dengan metode yang sama untuk mengukur kecepatan yang mana mengaitkan panjang setelah itu dipecah dengan waktu, sehingga bisa ditentukan ukuran kecepatan tersebut yakni[L][T]- 1.

Baca Juga :  Rumus Deret Geometri dan Contoh Soal Deret Geometri

Ikuti pada uraian tabel berikut ini yang mana menampilkan sesuatu ukuran yang universal digunakan dalam mekanika.

Besaran Dimensi

Luas[L]2

volume[L]3

Kecepatan[L][T]- 1

Percepatan[L][T]- 2

Gaya[M][L][T]- 2

Energi[M][L]2[T]- 2

Daya[M][L]2[T]- 3

Tekanan[M][L]- 1[T]- 2

Momentum[M][L][T]- 1

Di dalam ilmu fisika dimensi memiliki 2 peranan sangat berarti supaya bisa mengecek suatu persamaan serta pula guna mendapatkan suatu persamaan.

Contoh Soalnya Dimensi Momentum

Dimensi momentum

Soal

1. Pada tiapa benda apabila dicelupkan kedalam fluida ialah suatu( zat cair) hingga akan merasakan sesuatu gaya tekanan yang menuju ke atas ialah diucap dengan( gaya Archimides).

Pada gaya tekanan ini sangat dipengaruhi dengan massa jenis pada fluida ρ, setelah itu pada percepatan gravitasi gram serta buat volume pada benda yang dimasukan V.

Sehingga tentukanlah gaya persamaan dari tekanan tersebut!

Penyelesaian

Pada ukuran besaran yang terdapat yakni:

Pada Gaya FA=[M][L][T]- 2

Kemudian Massa tipeρ=[M][L]- 3

Setelah itu Percepatan gravitasi gram=[L][T]- 2

Volume V=[L]3

  • Berikutnya pada soal, persamaan besar gaya tekanan ke atas tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut:

FA=ρx gy Vz

Setelah itu buat mengenali Nilai x, y serta z dapat didetetapkan dengan caramenganalisa dari persamaannya pada ukuran yang tedapat disebelah kiri dan pula kanan ialah?…

Pada Dimensi- FA=ρxgyVz

[M][L][T]- 2=[M][L]- 3x[L][T]- 2y[L]3z

=[M]x.[L]- 3x+ y+ 3z.[T]- 2y

Oleh karena dari kedua ruas dimensinya wajib sama hingga mampu didapatkan hasil:

Pangkat[M]: x= 1

Pangkat[T]:- 2y=- 2 berarti y= 1

Pangkat[L]:- 3x+ y+ 3z= 1

– 3. 1+ 1+ 3z= 1 berarti z= 1

Dari nilai x, y serta z bisa diperoleh persamaan:

FA=ρ gram V

Demikian dan sekian uraian singkat yang bisa suhupendidikan.com sampaikan mengenai dimensi momentum dan semoga dapat bermanfaat terimakasih.

Artikel Lainnya :