Crustacea

Posted on

Haii teman-teman semua!! Kali ini suhupendidikan.com akan membagikan sebuah informasi kepada kalian semua yaitu mengenai bagaimana dan seperti apa sih tentang Crustacea yang juga meliputi pengertian, ciri, sistem pernapasan dan reproduksinya lengkap

Mau tau lebih lanjut silahkan simak penjelasan berikut ini :

Crustacea

Pengertian Crustacea 

Apa yang diartikan dengan Crustasea ataupun bisa disebutkan pula dengan Udang? yakni ialah sekelompok yang sangat banyak dari jenis artropoda, yang mana spesies ini mempunyai jumlah sampai menggapai lebih dari 52. 000 spesies yang terdeskripsikan, setelah itu biasanya kelompok ini kerap dikira sebagai bagaikan salah satu subfilum.

Yang mana pada sekumpulan hewan tipe ini masih digolongkan kedalam salah satu catatan hewan yang sangat terkenal semacam kepiting, lobster, udang serta teritip.

Dimana nyaris Kebanyakan dari pada habitatnya ialah hewan air, baik air tawar serta laut, meski sejumlah kelompok yang lain telah melakukan penyeseuaian diri terhadap beberapa kehidupan yang terdapat di bumi, misalnya semacam kepiting darat.

Tidak hanya itu nyaris dari sebagian banyak kelompoknya bisa leluasa melaksanakan pergerakan, meski beberapa takson parasit serta hidup dari inangnya.

Crustacea

Dimana pada tipe hewan Crustacea ini habitatnya di air tawar serta laut, serta cuma sedikit yang sanggup hidup di darat.

Setelah itu pada awal mulanya sebutan kata Crustacea di bisa dari bahasa latin yang mana kata“ crustaceus( jenis animalia)” yang mempunyai makna“ hewan yang bercangkang.” Hal ini mengacu terhadap exoskeleton( kerangka luar) hewan ini.

Setelah itu sebutan kata“ shell” tidaklah hanya shell, yang mana kata shell yang sebetulnya yakni misalnya semacam di Mollusca.

Setelah itu Exoskeleton yang ada subfilum Krebs secara universal tersusun atas CaCO3( kalsium karbonat) kitin yang membeku.

Dimana Crustacea yakni ialah salah satu tipe Arthropoda yang tercantum ke dalam kelompok Mandibulata serta masih mempunyai satu kesatuan dengan Myriapoda serta Hexapoda.

Ciri Crustacea

Crustacea

Ciri/ Karakteristik dari pada Crustacea secara universal merupakan memiliki eksoskeleton yang sangat keras.

Dimana Eksoskeleton yang keras tersebut musti ditukar( moulting) sama terdapatnya Bagian badan dari subfil kanker serta pula bisa dibedakan jadi beberapa bagian yang antara lain yakni bagian kepala( diucap cephalon), bagian dada( diucap thorax) dan bagian perut.

Tetapi terkadang antara bagian kepala serta dada bisa silih tersambung ke sefalotoraks dan mempunyai penutup semacam suatu tangki besar.

Lapisan Badan Crustacea

Crustacea

Setelah itu memngenai lapisan dari pada badan Crustacea yang mena memiliki anggota tubuh bonus yang lain( en: appendage) yang bertabiat spesial dengan sangat bermacam- macam, apalagi pada hewan sejenis lobster serta lobster air tawar( en: crayfish) memiliki 19 pasang.

Baca Juga :  Jenis-Jenis Manusia Purba

Yang mana biasanya, terhadap 2 pendamping yang awal yakni berbentuk suatu antena yang berperan sebagai perlengkapan sensorik.

Nah pada anggota hewan ini yakni ialah salah satu tipe hewan arthropoda yang mempunyai 2 pasang antena.

Setelah itu pada 3 pasang berikutnya yakni anggota tubuh yang umumnya kerang digunakan guna mengunyah santapan, yang awal pada bagian ini yakni rahang dasar serta 2 pendamping berikutnya yakni berbentuk rahang atas.

Nah setelah itu pada organ bonus selanjutnya secara uimum yakni sejoli kaki yang digunakan buat melaksanakan pergerakan.

Sistem Pernapasan serta Perputaran Crustacea

Crustacea

Pada Crustacea berusia yang mempunyai dimensi besar melaksanakan pernafasan dengan lewat insang. Yang mana pada Oksigen yang sudah diekstrak dari pada insang tersebut berikutnya hendak didistribusikan melewati sistem perputaran.

sebaliknya pada bagian yang berdimensi kecil apalagi lebih kecil dari subfile kanker, yang mana mereka melaksanakan pernafasan lewat sistem yang ada di atas permukaan badan.

Setelah itu pada dikala berlangsungnya Pertukaran gas yang melintasi lewat permukaan badan umumnya berlangsung di zona tipis kutikula.

Dimana sistem perputaran pada hewan krustasea yakni ialah suatu sistem perputaran sirkuit secara terbuka yang tersusun atas jantung yang terletak di balik, dengan memikliki satu apalagi lebih arteri( tetapi perihal tersebut cuma ada pada Malacostraca) serta beberapa saluran guna mengembalikan hemolimf kembali ke jantung.

Sistem Reproduksi Crustacea

Crustacea

Setelah itu nyaris setia tipe Crustacea terkecuali teritip ( en: barnacle) dapat dengan gampang mengenali antara orang jantan serta betina( gonokoris), serta mereka melakuka reproduksi dengan secara intim.

Semacam Mcontohnya kepiting serta pula lobster yang hidup di air tawar mereka mengenakan segala anggota badan ekstra yang berlangsung didalam perut buat melaksanakan trasnformasi mani lewat lubang reproduksi perempuan sepanjang berlangsungnya proses pernikahan.

Dimana nyaris sebagian besar kelompok hewan air dari subfile kanker lewat satu ataupun apalagi 2 sesi larva yang bisa berenang secara leluasa.

Sistem Ekskresi Crustacea

Crustacea

Setelah itu sesuatu Organ ekskresi yang sangat awal dari Crustacea yakni terdapatnya sejoli kelenjar antena serta pula rahang atas. Nah kelenjar ini diketahui pula dengan istilah kelenjar hijau. Yang mana lebih dari 90% sesuatu limbah nitrogen yang dikeluarkan ke dalam wujud amonia.

Identitas Crustacea

  • Secara universal mereka melaksanakan perkembang biakan dengan lewat fase larva
  • Memiliki 2( 2) lubang genital yang ada di balik dada
  • Hidupnya berlangsung di air tawar serta pula air laut serta terdapat pula dari beberpa antara lain yang hidup di darat.
  • Pada bagian depan ada 2 pasang mata dengan tatapan komposit
  • Pada bagian tubuh bagian balik udang membengkok sampai mulai dari kepala berjumpa dengan ekor
  • Mempunyai perlengkapan pencernaan: mulai dari mulut-kerongkongan/ kerongkong-setelah itu perut-usus-serta pula anus
Baca Juga :  Sistem Pencernaan Manusia Lengkap

Sistem pernafasannya lewat insang

  • Pada seluruh segmen tubuhnya ada sejoli kaki
  • Pada bagian perutnya ada 5( 5) kaki renang
  • Pada bagian dadanya ada sejoli antena, setelah itu mempunyai sejoli rahang dibagian atas serta pula bawah
  • Pada bagian kepala beserta dada ada 5( 5) pasang kaki yang mana antara lain( sejoli mempunyai cakar serta yang 4 pasang kaki biasa)
  • Pada bagian kepalanya mempunyai cangkang yang berperan bagaikan pelindung.
  • Setelah itu saraf krustasea memakai suatu sistem saraf tangga tali
  • Mempunyai suatu sistem perputaran yang terbuka
  • Pemupukan secara internal

Klasifikasi Crustacea

Dengan didasarkan terhadap dimensi pada tubuhnya, dimana Crustacea ini bisa dikatagorikan kedalam sebagian tipe, yang antara lain yakni:

1. Entomostraca( Udang Tingkatan Rendah)

Secara universal pada anggota kelompok Entomostraca ini yakni ialah sesuatu penyusun zooplankton, yang umumnya sering melayang di kedalaman air yang pula ialah santapan ikan. Nah buat pembagian ordo yang masih digolongkan kedalam kelompok Entomostraca yakni, berikut penjelasannya.

Yang awal yakni Branchiopods, contohnya semacam Daphnia pulex serta Asellus aquaticus yang umumnya diketahui pula dengan istilah kutu air yang dikembangbiakan oleh partenogenesis serta pula ialah suatu pembuat zooplankton

Yang kedua yakni Ostracoda misalnya semacam Cypris candida, kodona produktif yang umumnya habitatnya di air tawar serta diketahui dengan istilah plankton, tipe ini memiliki wujud tubuh yang sangat kecil serta dapat bergerak dengan antena.

Yang ketiga yakni Copepoda, contohnya semacam Argulus indicus serta pula Cylop, yang habitatnya bisa hidup di air laut serta air tawar serta dia pula ialah salah satu tipe hewan tanaman yang berfungsi bagaikan parasit dengan mempunyai segmentasi tubuh yang jernih.

Yang keempat yakni Cirripedia, contohnya semacam kendur ataupun bernafas, yang mana pada Sacculina dilindungi oleh kepala serta buah dada Karapaks yang mempunyai wujud semacam suatu cakram serta umumnya melekat pada bebatu serta pula sebagian barang yang ada di dalam laut.

2. Malakostraca( Udang Tingkatan Besar)

Malakostraca yakni ialah sejenis hewan yang sebagian besarnya dari habitatnya hiduip di air tawar serta laut, dan tipe ini memunyai wujud tubuh yang yang tersusun atas sefalotoraks serta pula perut( abdomen). Dimana pada Malakostraca ini bisa dibedakan jadi 3 ordo yang antara lain yakni.

Yang awal yakni Isopoda, memiliki wujud badan yang rata, dorsiventral serta beberapa kaki yang sama. Contohnya semacam Onicus asellus ataupun biasa diucap dengan( kutu kapal) serta pula Limnoria lignorum setelah itu pada kedua tipe hewan tersebut ialah elevator kayu

Baca Juga :  Virus

Yang kedua yakni Stomatopoda: misalnya semacam squilla empusa ataudisebut pula dengan( udang belalang) yang umumnya habitatnya hidup di air laut serta memiliki rupa seperti belalang yang sedanga berdoa, memiliki karakteristik khas corak yang sangat menonjol. Pada bagian balik dari kepalanya ada tangki. Setelah itu bagian kepalanya pula telah dilengkapi 2 segmen anterior, ialah mata serta pula antena.

Yang ketiga yakni Decapoda, misalnya semacam udang, kepiting serta pula kepiting yang berdimensi kecil. Yang mana pada hewan yang mempunyai kaki yang berjumlah 10 ialah anggota sekelompok dari pada udang memiliki kedudukan di dalam kelangsungan hidup manusia serta pula bermanfaat buat dijadikan bagaikan sesuatu sumber santapan yang mempunyai isi protein yng sangat besar. Misalnya semacam kepting serta udang.

Contoh serta Khasiat Crustacea

Pada hewan Crustacea ini mempunyai khasiat paling utama untuk kelangsungan hidup manusia yang mana sering dijadikan bagaikan sumber bahan santapan.

Yang mana umumnya yang sangat banyak serta jadi Kebanyakan penghasil dari beberap tipe bahan santapan ini antara lain yakni dari Ordo Decapoda,

Yang ialah tercantum kedalam Kelas Malacostraca; misalnya semacam lobster, udang, kepiting baik yang hidup di air tawar amupun di laut.

1. Kepiting Bakau ataupun Kepiting Hitam

  • Kepiting Bakau ataupun Kepiting Hitam
  • Kepiting Bakau ataupun Kepiting Hitam
  • Masuk dalam Kelas. Malacostraca
  • Masuk Dalam Ordo. Decapoda
  • Infraordo. Brachyura
  • Familia. Portunidae
  • Genus. Scylla
  • Spesies.
  • Scylla serrata

Pada tipe hewan Kepiting ini terkategori salah satu yang santapan kesukaan serta mempunyai cita rasa yang sangat lezat, apalagi dia sampai sangat populer di daerah Asia Tenggara.

2. Lobster Amerika

  • Dalam Kelas Malacostraca
  • Ordo Decapoda
  • Familia Nephropidae
  • Genus Homarus
  • Spesies Homarus americanus

Dimensi dari pada Lobster ini yakni sampai menggapai berat 20 kilogram serta ialah tipe yang sangat banyak ditangkap.

3. Crayfish Capit Merah Australia

  • Masuk Dalam Kelas Malacostraca
  • Ordo Decapoda
  • Familia Parastacidae
  • Genus Cherax
  • Spesies.
  • Cherax quadricarinatus

Tipe ini sering diketahui bagaikan hewan lobster yang hidupnya di air tawar( ataupun diucap pula dengan lobster biru) serta ialah salah satu tipe hewan yang pernah populer serta umumnya sering dijadikan hewan peliharaan di dalam akuarium spesialnya di Negeri Indonesia.

4. Udang Windu( Udang Harimau Raksasa)

  • Kelas Malacostraca
  • Ordo Decapoda
  • Subordo Dendrobranchiata
  • Superfamilia Penaeoidea
  • Familia Penaeidae
  • Genus Penaeus
  • Spesies Penaeus monodon

Tipe udang Ini telah sangat kerap dijadikan bagaikan bahan santapan di indonesia. 

Demikian dan sekian yang bisa suhupendidikan.com sampaikan mengenai materi tentang Crustacea semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat terima kasih.

Baca Juga Artikel Lainnya :