Contoh Norma Kesusilaan

Posted on

Contoh Norma Kesusilaan – Haii teman-teman semua!! Kali ini suhupendidikan.com akan membagikan sebuah informasi kepada kalian semua yaitu mengenai bagaimana dan seperti apa sih tentang Contoh Norma Kesusilaan yang meliputi pengertian,norma-norma, fungsi dan contohnya lengkap

Selanjutnya kita simak penjelasan berikut ini :

contoh norma kesusilaan

Pengertian Contoh Norma Kesusilaan

Apakah yang dimaksud dengan Norma kesusilaan? yaitu suatu peraturan sosial yang berasal dari hati nurani yang menghasilkan sikap ataupun akhlak, sehingga dengan demikian seseorang bisa membedakan mana yang baik serta mana yang kurang baik.

Pada Norma kesusilaan ini ialah sesuatu norma yang tidak tertulis karena dalam penerapannya dikerjakan dengan bersumber pada hati nurani.

Setelah itu terdapatnya norma kesusilaan bisa dikatakan sudah sangat tua karena lahir bertepatan dengan keberadaan awalnya diciptakan manusia. Untuk Seluruh manusia yang ada dimuka bumi ini memiliki yang namanya norma kesusilaan.

Dan jika ada yang sampai melanggar norma kesusilaan ini maka bisa dikatakan bahwa orang itu tidak bermoral 

Maka oleh karena itu norma kesusilaan disebut juga dengan norma moral karena dia besumber dari kesusilaan yang juga moral manusia.

Ciri Norma Kesusilaan

contoh norma kesusilaan

Sebagian karakteristik dari norma kesusilaan ialah sebagai berikut :

1. Lokal

Dimana pada Norma kesusilaan memiliki watak yang lokal ataupun tidak umum sama halnya seperti agama.

2. Hati Nurani

Setelah itu Norma seperti yang telah dipaparkan tadi kalau norma yang bersumber dari hati nurani. Tetapi terkadang pula pada hati nurani sering dikalahkan oleh adanya masalah atau urusan individu

3. Tidak Abadi

Dimana kalau norma tidak bersifat abadi serta tidak umum. Karena pada norma ini sangat tergantung pada ruang serta waktu. Bukan cuma berbeda dalam masing- masing wilayah serta masyarakatnya saja, tetapi berbeda pula dengan waktunya.

4. Rasa malu

Dimana rasa malu itu ialah salah satu sanksi yang juga ada pada diri sendiri ataupun masyarakat pada waktu kita tidak mau melaksanakan norma kesusilaan.

Contohnya : pada saat kerja di kantor salah memakai kostum pada hari kerja biasanya maka dia merasa malu yang kemudian di ruangan rapat dia berteriak-teriak dan sebagainya.

5. Penyesalan

Pada bagian ini dimana penyesalan yakni ialah merupakan suatu hukuman ataupun sanksi yang dialami oleh diri sendiri. Karena bisa jadi orang lain tidak merasakan ataupun menyadari jika dirinya melanggar norma kesusilaan.

Macam- Macam Norma

Contoh Norma Kesusilaan

Dengan bersumber pada uraian yang tadi telah disampaikan. Berikut ini terdapat sebagian tipe berbagai norma yang terdapat di dalam kehidupan setiap hari, adalah sebagai berikut :

Apa yang dimaksud dengan Norma kesusilaan? ialah meruapakan suatu norma dengan didasarkan oleh suatu hati nurani orang di dalam masyarakatnya.

Yang pada biasanya sering dipengaruhi oleh suatu kebiasaan ataupun dalam adat-istiadat dalam masyarakat dimana kita berada. Bisa juga dipengaruhi oleh adanya norma kesopanan serta norma agama yang diyakininya. Karena dalam norma ini diyakini bisa memastikan baik buruknya seseorang dalam  bermasyarakat.

Contoh Norma Kesusilaan

Contoh– contohnya bagaikan berikut:

  • Bersifat baik dan berprilaku jujur
  • Meminta maaf apabila sudah berbuat salah
  • Tidak melaksanakan tindak penipuan maupun berbuat kecurangan
  • Mengatakan dengan kata sopan serta juga bertingkah laku dengan baik
  • Saling hormat dan menghormati khususnya yaitu terhadap orang yang lebih tua.
  • Tidak mencela orang lain
  • Saling tolong menolong dan membantu paling utama terhadap orang yang kesusahan

Norma Kesopanan

Contoh Norma Kesusilaan

Apa pula yang dimaksud dengan Norma kesopanan? ialah merupakan juga suatu ketentuan ataupun syarat dalam berhubungan dengan teman yang muda maupun tua.

Pada Norma ini sangat erat hubungannya dengan tindak kesusilaan. yang tercantum dalam kesopanan ialah kepantasan, kerutinan, serta kepatuhan.

Ada pula letak pada perbedaannya dengan norma kesusilaan, ialah terletak pada sifatnya dimana pada norma kesopanan yang mengendalikan ikatan dengan orang lain.

Contoh norma kesopanan

  • Saling menghormati terhadap seorang yang usianya lebih tua.
  • Saling menyayangi terhadap orang yang umurnya lebih muda.
  • Bisa juga saling Menghargai serta menghormati.
  • Memiliki sopan santun pada saat berdialog dengan seorang guru
  • Pembicaraan yang pendek serta sopan dikala mendatangi pertemuan ataupun rapat
  • Berpenampilan yang sopan sesuai dengan pada tempatnya
  • Tidak meludah dalam ruangan serta lain sebagainya.
  • Setelah itu dalam pelanggaran terhadap norma kesopanan ini umumnya berbentuk sanksi dalam pergaulan.
  • Tetapi pada sanksi tersebut tidak mengikat. Misalnya celaan, rasa malu, serta kebencian seseorang.

Norma Agama

Contoh Norma Kesusilaan

Apa yang dimaksud dengan Norma agama? ialah merupakan suatu syarat ataupun peraturan yang didasarkan dengan suatu kepercayaan serta keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Buat Ketentuan yang berlaku serta ketentuannya umumnya bisa didasarkan dengan terdapatnya kitab suci dari tiap- tiap agama.

Contohnya semacam: Alquran untuk umat beragama Islam serta kemudian Injil buat umat Kristiani.

Pada norma agama memiliki watak yang absolut serta abadi. Ialah maksudnya tidak dapat dipertanyakan ataupun dipertentangkan ketentuannya.

Untuk tiap umat bermacam- macam memiliki suatu kepercayaan yang wajib dijalankan karena perihal tersebut ialah sesuatu perintah ataupun larangan, dalam ajarannya.

Buat sanksi yang bisa diberikan contoh pelanggaran norma agama ialah berbentuk kepercayaan adanya surga dan neraka.

Tetapi Tidak terdapat sanksi hukum di dunia yang memberatkannya, tetapi ada sebagian ajaran yang sesungguhnya tercantum dalam norma kesusilaan serta norma hukum, misalnya: Terdapatnya suatu larangan supaya tidak mengambil ataupun mencuri benda kepunyaan orang lain.

Tidak melaksanakan tindak pemerkosaan

Tidak boleh melaksanakan tindak pembunuhan.

serta lain sebagainya

Norma Hukum

Contoh Norma Kesusilaan

Apa itu Norma hukum? ialah merupakan suatu ketentuan ataupun syarat yang dibangun oleh manusia serta memiliki sanksi yang jelas tidak menjadikan norma yang tidak jelas.

Di dalam kehidupan bermasyarakat Norma hukum biasanya dibangun oleh suatu lembaga negeri yang memiliki hak serta wewenang, dan dalam pelaksanaanya senantiasa diawasi oleh pihak kepolisian, kemudian kejaksaan, warga, serta pula seluruh pihak yang terpaut.

Dalam Norma hukum bertabiat tegas serta memforsir meski keberlakuannya tidak abadi.

Yang maknanya, Untuk seluruh orang yang berdomisil ataupun pribumi yang bertempat tinggal di daerah hukum hingga mereka harus wajib mematuhi aturannya. Karena apabila tidak mentaatinya, maka akan diberikan sanksi yang berlaku

Itulah tadi uraian singkat tentang Contoh Norma Kesusilaan yang bisa suhupendidikan.com sampaikan semoga bermanfaat terimakasih.

Baca Juga Artikel Lainya :