Membaca Berita

Posted on

Kali ini kita akan membahas makalah yaitu materi tentang cara membaca berita yang baik dan benar lengkap dengan teks berita

cara membaca berita

Metode/ kiat membaca berita yang baik dan benar

Bagi sebagian orang yang mungkin terlibat dalam dunia jurnalisme, keterampilan dalam membaca berita perlu dilatih dan di asah . Sehingga bagi yang mendengar dapat menikmati dan terbawa dalam berita yang dibacakan dan menarik perhatian agar dapat didengar baik oleh pemirsa, dan tidak membela apapun yakni netral atau masuk akal ketika membaca berita, ini semua adalah merupakan hal yang paling dasar yang perlu dipertimbangkan.

Berikut ini adalah beberapa rangkuman cara membaca berita dengan baik dan benar, dan Anda dapat mencobanya dalam praktik. Lalu apa yang harus benar-benar kita perhatikan pada saat membaca berita? Inilah yang akan kita diskusikan di bawah ini.

Intonasi

Intonasi atau juga disebut dengan nada kalimat. Dalam membaca teks berita membutuhkan tingkat akurasi dalam membaca per kata dan per kalimat. Pembaca juga harus bisa menyesuaikan volume, memilih kata / kalimat yang mana yang akan dibunyikan dengan aksen, keras, datar, lemah atau tenang.

Artikulasi

Artikulasi, adalah merupakan jelasnya dalam pengucapan atau pengungkapan kata-kata yang kita keluarkan. jangn sampai kata-katanya tidak dipahami, pelafalan akan berada di bawah kesan bahwa kita mengatakan (sambil membilas). Kesalahan artikulasi menjadi fatal jika pendengar mengalami pergeseran makna dari apa yang dimaksud dengan jangkar berita.

Volume

Volume adalah tingkat kekuatan dan volume suara saat mengucapkan suatu kata. Volume juga perlu dipertimbangkan. Volume, volume dan volume diukur oleh jangkar berita.

Baca Juga :  Arti Mimpi Tentang Guru

Ritme dalam membaca berita

Punch adalah kecepatan membaca berita. Saat membaca berita, Anda harus menggunakan ritme yang baik agar tidak tergesa-gesa, formal, dan nyaman untuk didengarkan. Anda dapat mempraktikkan kecepatan membaca berita, dengan mempertimbangkan panjang siaran dalam berita. Terkadang kita harus berhenti. Tetapi pastikan kita tidak terlalu cepat atau lambat dalam membaca berita.

Posisi tubuh

Hal lain yang juga penting dan perlu diperhitungkan adalah situasi ketika kita membawa atau membaca berita. Metode membaca berita yang baik dapat dilakukan dengan menjaga postur tubuh Anda tetap tegak sehingga kami terlihat profesional.

Kontak mata

Mata yang netral dan fokus juga diperlukan agar kita terlihat percaya diri. Mata yang berputar, mata yang berputar, atau gerakan mata lainnya, seperti kebingungan saat membaca berita, dapat mengindikasikan unsur kepercayaan diri. Pastikan mata Anda fokus dan fokus.

Menurut konteksnya

Sesuaikan gaya Anda membaca berita sesuai dengan konteks atau topik bacaan. Jika berita adalah berita resmi, ini berarti bahwa kami juga menggunakan gaya formal, namun, jika programnya santai, kita tidak boleh terlalu keras dalam distribusi berita dan tidak menggunakan bahasa standar terlalu banyak.

Tetap tenang saat ada kesalahan teknis

Saat membaca berita, kesalahan teknis dapat terjadi. Mempertahankan sikap tenang dan kemampuan untuk mengalihkan perhatian sementara tetap stabil adalah kemampuan yang sama pentingnya.

Contohnya

Selamat pagi, pemirsa, ketemu saya lagi, alina subing, pada edisi Minggu 5 Mei 2019 , Berita Singkat ini kami memberitakan berita terbaru,terpercaya dan paling dapat diandalkan yang telah kami rangkum dalam berita tentang pagi ini.

Kali ini berita pembunuhan.

Keterlibatan suryati dalam pembunuhan Putri tidak hanya memancing korban untuk bertemu dengan mantan pacarnya, andi. Suryati juga menyiksa dan membunuh seorang mahasiswa di Universitas Tonga Tinji.

Baca Juga :  Arti Hadanallahu Wa iyyakum

Motif pembunuhan pelaku penjahat wanita yang seusia dengan andi dan para korban telah  terungkap berdasarkan pemeriksaan sementara yang dilakukan polisi tadi malam. Pelakunya sendiri ditangkap 1 jam setelah Andi ditangkap oleh polisi, meninggal di Rumah Sakit Sipto, Salemb, Jakarta Pusat. Suryati sendiri adalah istri dari andi oleh karena itu, ia iri pertemuan Andi dengan putri mantan pacarnya

Sebelum meninggalnya korban, mereka juga menyiksa dengan keji, memukul kepalanya dengan balok dan membunuh dengan sengatan listrik. Salah satu dari pelaku juga menutup sang putri dengan kertas. Sayangnya, bungkusan kertas membuat gadis itu mati lemas dan tidak bisa bernapas sampai dia meninggal. Berikut ini adalah liputan lengkap saya alina subing melaporkan

Artikel Lainnya :