Bhineka Tunggal Ika-Arti, Sejarah, Makna Dan Gambarnya Lengkap

Posted on

Kali ini kita akan membahas materi tentang bhineka tunggal ika yang meliputi penjelasan arti, sejarah, makna dan gambarnya lengkap

Arti Pemahaman yang sebenarnya

Sebagai orang Indonesia, kita harus tahu moto Unity in Diversity! Apakah Anda sudah tahu arti Unity in Diversity? Bhinneka Tunggal Ika memiliki makna tersendiri dalam jiwa, yang berarti “berbeda, tetapi tetap satu”. Untuk belajar lebih jelas dari arti makna, sejarah dan tujuan, mari kita simak diskusi berikut ini

Sejarah

Sebelumnya, slogan yang dijadikan moto resmi negara Indonesia itu sangat panjang, yaitu: bhineka tunggal ika tan hana dharma mangrove. Dan pertama kali diperkenalkan pada masa pemerintahan Majapahit selama era kepemimpinan wishnuwardhana.

Kata-kata moto Bhineka Tunggal Ika dituliskan oleh Mpu Tantular dalam buku Sutasoma. Kata-kata moto ini pada dasarnya adalah pernyataan kreatif dalam upaya mengatasi keragaman agama dan agama.

Ini, tentu saja, dilakukan, karena dikaitkan dengan upaya untuk memperkuat negara pada masa kerajaan Majapahit pada waktu itu.

Moto Unity in Diversity juga berkontribusi pada semangat persatuan dan persatuan Republik Indonesia selama masa kemerdekaan.

Kesatuan dalam Keberagaman Sutosoma lebih didefinisikan dalam hal perbedaan kepercayaan dan keragaman agama yang ada di antara orang-orang selama era Majapahit.

Namun demikian, sebagai moto Republik Kesatuan Indonesia, konsep persatuan dalam perbedaan tidak hanya perbedaan dalam agama dan kepercayaan, tetapi juga pemahaman yang lebih luas.

Sebagai moto negara, memiliki cakupan yang lebih luas, seperti perbedaan etnis, bangsa, budaya (adat), pulau yang berbeda dan, tentu saja, agama dan kepercayaan yang mengarah pada persatuan dan integritas negara.

Baca Juga :  Kerajaan Kediri-Sejarah, Raja, Agama Serta Peninggalannya

Maknanya

Kesatuan dalam keberagaman sangat penting bagi masyarakat Indonesia, di mana semboyan ini adalah negara pemersatu. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau, 60% lautan dimiliki oleh pulau-pulau yang berbeda, dan ada berbagai suku daerah atau ras.

Dengan perbedaan yang sangat besar antara masing-masing daerah di Indonesia, penciptaan Indonesia harus digabungkan. Dimana moto ini adalah cara Indonesia menyatukan daerah yang memiliki latar belakang dan sejarah yang berbeda untuk masing-masing daerah.

Tidak hanya itu, tetapi moto yang satu ini sangat penting sebagai tonggak pencapaian tujuan bangsa, itulah yang dilakukan oleh moto elang ini, simbol bangsa nasional Panchilla. Di sini moto Unity in Diversity direkam pada kaset itu, lalu elang membawanya, memegangnya dengan kakinya.

Artikel Lainnya :

perkembangan-islam-di-indonesia

voc-sejarah-tujuan-dan-sistemnya-singkat-lengkap

cara-sholat-tasbih

bacaan-sholat-jenazah