Bacaan Tasbih

Posted on

Bacaan Tasbih

Suhupendidikan.com bab bacaan tasbih tahlill takbir dan tahmid

Kalimat tasbih
Kalimat tasbih

Bacaan Tasbih

Kalimat tasbih disebut juga dengan kalimat thoyyibah. Ini merupakan salah satu bacaan yang dibaca saat berdzikir, karena hal itu juga disebut dengan kalimat dzikir.

Bacaan tasbih ini mempunyai arti menyucikan, menyucikan disini artinya adalah menyucikan Alloh SWT.

Dzikir dengan membaca tasbih sama dengan mengakui bahwa manusia atau kita berlumuran dari dosa dan hanya Alloh lah yang maha suci.

Sudah seharusnya bahwa seorang manusia yang beragama islam harus slalu mengucapkan kalimat thayyibah tersebut . Ucapan yang sangat dicintai oleh Alloh SWT.

Pengertian Kalimat Tahmid

Tahmid (Arab: تهمد Taḥmudu) yaitu istilah untuk frasa Arab Alḥamdulillāh (الحمد لله) yang berarti “Pujian itu hanya untuk Alloh”, yaitu ungkapan atas rasa syukur seorang muslim atas karunia Alloh baik yang diketahui maupun yang tidak kita sadari.

Pengertian Kalimat Tahlil

Tahlil (Arab: التهليل at-Tahliil) yaitu bacaan kalimat tauhid, adalah kalimat لا إله إلا الله, Tiada tuhan selain Alloh). Kalimat tahlil ini bagian dari kalimat syahadat, yang sejatinya asas dari lima rukun Islam, juga inti dan seluruh landasan pada ajaran Islam. Kalimat ini termasuk zikir dan menurut syariat Islam mempunyai nilai terbesar dan paling utama

Pengertian Kalimat Takbir

Takbir (Arab: تكبير, Takbīra) yaitu istilah untuk frase Arab Allahu Akbar (الله أَكْبَر, Alloh Maha Besar), artinya yaitu Alloh Maha Besar. Seruan ini dikumandangkan umat Muslim untuk memuliakan nama Tuhan atau asma Alloh.

Sesuai dengan makna Akbar-nya Alloh sudah ada pada sifat sang Pencipta, Pemelihara juga Pendidik dan Penghancur (Rububiyah QS:1/2) juga pada Kekuasaan (Mulkiyah QS: 1/4) dan pada Ilahiyah–Yang Diabdi (QS: 1/5)

Baca Juga :  Do'a Sholat Dhuha

Bacaan Tasbih, Tahmid dan Tahlil

Tasbih :
kalimat tasbih
Dibaca : Subhanalloh

“Maha Suci Alloh”.

Tahmid :
kalimat tahmid
Dibaca : Alhamdulillah

“Segala Puji Bagi Alloh”.

Takbir :
kalimat takbir
Dibaca : AllohuAkbar

“Maha Besar Alloh” .

Tahlil :
kalimat tahlil
Dibaca : Laa ilaha Illalloh

“Tiada Tuhan Selain Alloh”.

Manfaat Bacaan Tasbih

Berikut adalah beberaapa manfaat membaca tasbih.

1. Mendapat ampunan dari semua dosa oleh Alloh SWT, baik yang sudah lalu maupun yang baru saja terjadi. Dan bahkan bsa memberatkan timbangan amal baik dihadapan Alloh SWT kelak di akhirat nanti.

Nabi Muhammad SAW bersabda

Bahwa ada kalimat yang sangat dicantai alloh SWT, tak lain dan tak bukan adalah kalimat tasbih.

2. Mampu menghapus dan menghilangkan dosa bagi orang yang suka membacanya. Rasul bersabda dalam sebuah hadits ” Barang siapa yang dapat membaca bacaan tasbih setiap hari akan di beri 1000 kebaikan dan dihapuskan 100 keburukan ”

3. Tasbih adalah salah satu ucapan yang sangat disukai Alloh, ini menurut hadits riwayat muslim yang isinya, perkataan yang paling disukai Allah ada 4, yaitu subhanalloh, walhamdulillah, Laailahaillalloh dan Wallohu akbar.

4. Alloh sudah menjanjikan balasan berupa surga, bagi orang yang membiasakan diri dengan membaca tasbih. Hal ni tercantum pada Hadits riwayat Tarmidzi yang artinya, “Barang siapa yang mengucapkan subhanalloh wabihamdihi, maka dia akan di tanamkan sebuah pohon kurma didalam surga”

5. Tasbih bisa dibuktikan bagi perbuatan manusia pada hari kiamat nanti.

Begitulah beberapa diantaranya keutamaan dzikir, banyak dan sangat utama manfaatnya untuk kita semua. Oleh karena itu sedang apapun dan dimanapun kita harus tetap berdzikir dan mengingat Alloh SWT. Agar hati tentram dan damai serta terhindar dari melakukan perbuatan yang menuju kemaksiatan yang mampu menyengsarakan hidup kita.

Baca Juga :  Karakteristik Ekonomi Islam

Demikianlah pembahasan mengenai kalimat dzikir, Semoga bermanfaat

Artikel Lainya :