Bacaan Rukuk

Posted on

Suhupendidikan.com-Kali ini kita akan membahas materi tentang Bacaan Rukuk-Pengertian dan bahasa arab, tulisan latin dan artinya

Berikut ini bacaan-bacaan dalam sholat fardhu maupun sholat sunnah, lengkap

Banyak bacaan yang biasanya dibaca oleh Rasulullah SAW dalam sholatnya. Ini berarti bahwa Rasulullah terkadang membaca dengan rukuk membaca, tetapi kadang-kadang menggantikan rukuk dengan bacaan lain. Dan di sini ada bacaan Rukuk dalam doa-doa Latin Arab dan maknanya, seperti yang dibaca Nabi SAW ketika sedang rukuk.

Pengertian bacaan Sholat

Sholat merupakan tiang agama, ibadah utama yang pertama kali dihisab pada Hari Pengadilan. Jika sholatnya itu baik, dia akan beruntung dan bahagia. Jika sholatnya tidak baik, dia akan celaka. Bacaan sholat yang benar adalah bagian dari baiknya sholat.

Perlu diperhatikan bahwa bacaan sholat yang diajarkan oleh Nabi bukan hanya satu gerakan sholat. Tetapi ada beberapa hadits shahih yang telah dikumpulkan para ulama. Banyak dari bacaan sholat ini tidak membingungkan tetapi memudahkan dan beri tahu kami perbedaannya. Ternyata orang lain yang membaca berbeda dari kita tidak selalu salah ketika kita tahu argumen yang menjadi dasar mereka.

Pengertian Rukuk

Ruku’atau Rukuk (ركوع) mengacu pada gerakan membungkuk dan diikuti oleh pembacaan dzikir dalam sholat. Rukuk adalah rukun sholat yang, jika dibiarkan dengan sengaja atau tidak sengaja saat sholat maka membatalkan sholat. Jika mereka lupa melakukan Ruku ‘dalam sholat maka pelaku harus menambahkan Roka’at dan sujud sahwi jika mereka ingat.

Baca Juga :  Contoh Tajwid

Dalam bahasa Indonesia, pengertian rukuk berarti “sikap membungkuk pada waktu sholat, dengan tangan di atas lutut sehingga punggung dan kepala sama rata atau lurus”

Bacaan sholat ketika rukuk

Selanjutnya berikut ini adalah bacaan Rukuk. Untuk shalat wajib, setiap rakaat diwajibkan membaca surah al-Fatihah, tetapi yang disunnahkan membaca surat lain setelah Al-Fatihah cuma rakaat pertama dan kedua. mengenai rakat ketiga dan keempat, cukup membaca surat Al Fatihah sesudah itu rukuk sambil membaca takbir ‘Allaahu akbar’.

Ada beberapa bacaan Rukuk yang diajarkan Nabi. Anda dapat memilih salah satu.

Bacaan rukuk pertama

Diriwayatkan oleh imam Muslim, Abu Dawud, Ibn Majah, Ahmad dan Thabrani.

Bacaan latinnya : Subhaana-robbiyal adhiimi

Artinya: “Maha Suci Tuhanku yang Maha Agung”

Bacaan ini dibaca tiga kali. Dalam sholat malam atau tahajud, Rasulullah rukuk begitu lama sehingga bacaan seperti itu bisa dibaca lebih dari tiga kali

Bacaan Rukuk yang ke Dua

Diriwayatkan oleh Abu Dawud, Ahmad, Baihaqi, Thabrani, Daruquthi. Berbeda dengan bacaan di atas, ada tambahan dalam bacaan ini yaitu ‘wabihamdih’.

Latinnya : Subhaana robbiyal ‘adhiimi wabihamdih

Artinya: “Maha Suci Tuhanku yang Maha Agung dan segala puji bagi Allah”

Bacaain in juga dibaca sebanyak tiga kali

Bacaan Rukuk yang ke Tiga

Diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim. Rasulullah banyak membaca doa ini saat rukuk dan bersujud untuk melaksanakan perintah Allah dalam Surat An Nashr ayat 3.

Latinnya : Subhaanaka alloohumma robbanaa wa bihamdika alloohummaghfirlii

Artinya: “Maha Suci Engkau, ya Allah Tuhan kami dan segala puji bagi-Mu. maka ampunilah aku.”

Bacaan Rukuk yang ke Empat

Diriwayatkan oleh Imam Muslim.

Latinnya : Subbuuhun qudduusun robbul malaa-ikati war ruuh

Baca Juga :  Fisabilillah

Artinya: “Mahasuci Engkau dan Mahakudus Tuhan para malaikat dan ruh”

Bacaan Rukuk yang ke Lima

Diriwayatkan oleh Imam Muslim, Abu Dawud, An Nasa’i, Tirmidzi, Ahmad.

latinnya : Alloohumma laka roka’tu wabika aamantu wa laka aslamtu khosya’a laka sam’ii wa bashorii wa mukhkhii wa ‘adhmii wa ‘ashobii

Artinya: “Ya Allah, hanya kepadaMu aku rukuk, hanya kepadaMu aku beriman dan hanya kepadaMu aku berserah diri. Hanya kepadaMulah pendengaranku, penglihatanku, otakku, tulangku, dan syarafku tunduk.”

Bacaan Rukuk yang ke Enam

Diriwayatkan oleh An Nasa’i, Tirmidzi, Ahmad.

Latinnya : Alloohumma laka roka’tu wabika aamantu wa laka aslamtu khosya’a laka sam’ii wa bashorii wa mukhkhii wa ‘adhmii wa ‘ashobii lillaahi robbil ‘aalamiin

Artinya: “Ya Allah, hanya kepadaMu aku rukuk, hanya kepadaMu aku beriman dan hanya kepadaMu aku berserah diri. Pendengaranku, penglihatanku, otakku, tulangku, dan syarafku tunduk kepada-Mu, Tuhan semesta alam.”

Bacaan Rukuk yang ke Tujuh

Rasulullah Saw pada saat sholat malam atau sholat tahajud membaca, bacaan sholat ketika ruku’ ini Abu Dawud dan An Nasa’i.

Latinnya : Subhaana-dzil jabaruuti wal mallakuu-ti wal kibriyaa-i wal ‘adhoomah

Artinya: “Mahasuci Allah Dzat yang memiliki kekuasaan, kerajaan, kebesaran dan keAgungan”

Artikel Lainnya :

sholawat-badar

sholawat-nariyah

bacaan-wirid