Ayat Kursi

Posted on

Suhupendidikan.com– Kali ini kita akan membahas materi tentang ayat kursi bahasa arab, bacaan ayat kursi latin, arti ayat kursi, manfaat ayat kursi, keutamaan ayat kursi, rahasia ayat kursi, dan lainnya dengan lengkap.

Ayat kursi adalah ayat paling agung dalam Al-Quran. Apa arti dan tafsirnya serta apa saja keutamaan dan manfaat yang dimiliki, Inilah pembahasannya.

Ayat kursi tidak lain ialah Surat Al Baqarah ayat 255, yang sangat penting krna keutamaannya luar biasa, dimulai dengan isi kandungan maknanya. Ini berisi penjelasan kata-kata tauhid dari mana seorang Muslim merumuskan dan memegang, sehingga berani menghadapi tantangan hidup.

Bacaan Ayat Kursi

Latinnya : Allahu laaa ilaaha illaa huw, al-hayyul-qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw wa laa na uum, Lahuu maa fis-samaawaati wa maa fil-ardh, man zallazii yasyfa’u ‘indahuuu illaa bi’iznih, ya’lamu maa baina aidiihim wa maa kholfahum, wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaaa’ wasi’a kursiyyuhus-samaawaati wal-ardh, wa laa ya’uuduhuu hifzhuhumaa, wahuwal-‘aliyyul-‘azhiim

Artinya : “Allah, tidak ada Tuhan selain Dia. Yang Maha Hidup, terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

Disebut Ayat Kursi

Disebut ayat kursi, Karena dalam ayat terdapat kata kursiyyuhu. Syaikh Wahbah Az Zuhaili menjelaskan dalam penafsiran Al Munir bahwa makna asli dari Al Kursi ialah Al ilmu atau ilmu. Karena itu, para ulama juga disebut sebagai Al karaasi karena mereka adalah orang-orang yang dijadikan pegangan atau sandaran. Ada juga pendapat bahwa makna Al Kursi dalam ayat ini adalah keagungan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Jadi tidak ada Al-kursi (kursi atau tempat duduk), tidak ada Al-Qu’ud (duduk) dan tidak ada Al-Qaa’id (yang duduk). Ini seperti firman Allah Az Zumar, ayat 67.

Baca Juga :  Niat Puasa Dzulhijjah , Tarwiyyah dan Arafah Beserta Manfaatnya

Pendapat lain adalah bahwa Al Kursi di sini berarti kerajaan dan kekuasaan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Hasan Al Bashri berpendapat bahwa Al kursi dalam ayat ini adalah arsy. Sementara Ibn Katsir mengatakan dalam tafsirnya, “Yang benar adalah bahwa Al Kursi bukan arsy karena lebih besar dari Al kursi, seperti yang dijelaskan oleh beberapa hadits.”

Kautamaan Ayat Kursi

Keutamaan ayat kursi sangat banyak dan sangat luar biasa. Berdasarkan posisi ayat kursi sebagai pemimpin ayat-ayat Al-Quran, untuk perlindungan, kebahagiaan dan balasan surga.

Berikut ini adalah beberapa keutamaan ayat kursi dari sejumlah hadits:

  • Sebagai Pemimpin ayat Al-Quran

لِكُلِّ شَىْءٍ سَنَامٌ وَإِنَّ سَنَامَ الْقُرْآنِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ وَفِيهَا آيَةٌ هِىَ سَيِّدَةُ آىِ الْقُرْآنِ هِىَ آيَةُ الْكُرْسِىِّ

Semuanya memuncak dan puncak Al-Qur’an adalah surat Al-Baqarah, yang berisi sebuah ayat dari Al-Quran yaitu ayat kursi. (HR Tirmidzi)

  • Doa Mustajabah

Seseorang yang membacakan ayat kursi dan berdoa, doanya dijawab oleh Allah, karena didalam ayat kursi ada asma Allah yang paling agung, yaitu al hayyu al qayyuum.

اسْمُ اللَّهِ الأَعْظَمُ الَّذِى إِذَا دُعِىَ بِهِ أَجَابَ فِى سُوَرٍ ثَلاَثٍ الْبَقَرَةِ وَآلِ عِمْرَانَ وَطَهَ

Asma Allah yang paling mulia, ketika dibaca dalam doa, harus diberikan di tiga tempat, yaitu Surat al-Baqarah, Surat al-Imron, dan Surat Thaha. (Diceritakan oleh Ibnu Majah)

Tiga ayat yang disebutkan dalam hadits ini ialah Surah Al Baqarah ayat 255 atau ayat kursi, Surah Ali Imran : 1-2 dan Surat Thaha : 111.

  • Kunci masuk Surga

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ دُبُرَ كُلِّ صَلاةٍ مَكْتُوبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُولِ الْجَنَّةِ، إِلا الْمَوْتُ

Siapa pun yang membaca ayat kursi setelah setiap solat fardu maka tiada halangan baginya untuk masuk surga, kecuali mati. (H.R Thabrani)

Baca Juga :  Rukun Sholat Jenazah

Manfaat Ayat Kursi

Keutanaan ayat kursi di atas cukup untuk mengetahui betapa ajaibnya ayat kursi itu. Dengan izin Allah, ayat kursi menjadi doa perlindungan, kunci rezeki, kunci jodoh, sampai kunci surga.

Selain itu, dua hadis lainnya menunjukkan manfaat ayat tersebut. Sebuah hadits, diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Imam Tirmidzi. Hadits panjang lainnya, diceritakan oleh Imam Bukhari.

Kedua hadis menunjukkan manfaat ayat kursi. Mari kita tinjau kembali esensi hadits tersebut:

  • Tidak ada yang berani mengganggu
  • Setan tidak berani mendekat

Artikel Lainnya :

ayat-sajdah

surat-al-kahfi

ya-maulidal-musthofa