Arti Ya Muqollibal Qulub

Posted on

Kali ini kita akan membahas makalah materi tentang Arti Ya Muqollibal Qulub yang meliputi Pengertian, makna dan kandungannya lengkap

Arti Ya Muqollibal Qulub

Memahami Ya Muqollibal Qulub

Dari uraian di atas, kita semua dapat memahami dan mengerti bahwa kalimat ini “Ya, muqollibal Qulub” berarti “Oh, hati yang lembut.”

Ada kisah yang meneragkan tentang doa ini. Salah satunya adalah kisah yang diceritakan oleh Ummu Salamah Radiallahu Anha, salah seorang istri Rasulullah.

Ummu Salamah R.a, mengatakan bahwa doa nabi yang paling sering dibaca nabi adalah doa,

“Ya muqollibal qulub tsabbit qolbi ala diinik” Wahai Dzat yang memegang hati kuatkan lah iman kami di atas agamamu” [HR. Tirmidzi, Ahmad dan Hakim]

Arti dari kalimat ya Muqollibal Qulub

Doa yaa muqollibal kulub adalah merupakan doa yang dipanjatkan kepada Tuhan, sehingga hatipun akan selalu terjaga di jalan yang lurus yaitu agama-Nya. Ini disebut istiqomah hati. Hati manusia dapat dibandingkan dengan kertas di angin, yang mudah untuk dibolak-balik.

Sifatnya tidak konstan, kadang-kadang bisa murni, kuat, lembut, bercahaya, tetapi suatu hari nanti akan menjadi lemah dalam iman, hitam, sangat membatu, menolak kebenaran. Ini disebut iman manusia, yang bisa naik turun, seperti pernyataan berikut :

Seseorang yang pernah berkata, “Faith Yezid Wa Yankus,” yang berarti bahwa iman kita sedang jatuh. Dan salah seorang temannya, Abu al-Darda Uwaymir al-Anshaari Rahimahullah pernah berkata:

Artinya  “Iman itu kadang tumbuh dan kadang turun.”

Hati manusia berada di jari-jari Allah Azza wa Jalla. Seperti hadis; Dari Anas Radiallahu Anhu, Rasulullah (saw) melipat gandakan Do’a “Yaa mukollibal kuluub tsabbit kalbi”, dan kemudian saya bertanya:” Wahai Rasulullah, kami percaya pada Anda dan semua yang Anda bawa maka akan kami imani. Lalu mengapa Anda khawatir tentang kami? “Dia menjawab, karena hati manusia memang ada di jari-jari Tuhan, dan dia telah membalikkan punggungnya atas kehendak-Nya. (Yang Mulia Imam Ahmad, Tirmiji dan al-Hakim).

Baca Juga :  Arti Jazakumullah khairan

Itulah sebabnya Rasulullah, Shalallahu Alaihi wasallam, memanggil kita semua, sebagai umatnya, untuk membaca doa, seperti dijelaskan di atas.

Kandungan Ya Muqollibal Qulub

Berikut ini adalah manfaat atau konten yang terkandung dalam kalimat dan doa thoyyiba, yang merupakan bagian ya moqollibal qulub. Apa sajakah properti atau manfaat dan isi dari penawaran Ya muqollibal qulub? Lihatlah bagian-bagian berikut ini.

1. Hati menjadi tenang

Ketenangan pikiran akan menjadi keinginan semua orang atau orang. Dengan hati yang tenang, seseorang tidak diragukan lagi dapat melakukan kegiatan sehari-harinya dengan baik dan bahkan mungkin layak disembah.

Hatinya akan terlindungi dari Allah dari perasaan cemas, kebingungan dan putus asa, karena telah memperoleh rahmat Allah dalam bentuk perlindungan dari-Nya, Yang Maha tinggi menjadi penjaga hatinya dari berbagai hal yang mengganggu atau bahkan menyesatkan.

2. Iman akan menjadi lebih kuat

Esensi dari doa Ya Mukollibal qulub adalah permintaan atau doa yang dipersembahkan kepada Tuhan, agar kita selalu tetap sebagai orang yang teguh dalam iman dan Islam.

Seperti dijelaskan di atas, beberapa orang mengatakan bahwa iman seseorang sangat mudah diubah (bolak-balik). Hari ini mungkin diterangi oleh cahaya iman, yaitu, ketaatan, tetapi mungkin lenyap karena ketidak taatan.

Karena itu, ketika kita terus-menerus melafalkan doa-doa yang dibacakan oleh Nabi Muhammad, sebagaimana ditunjukkan di atas, semoga Allah menguatkan dan memperkuat iman kita. Aamin …

3. Selalu dekat dengan Tuhan

Hati yang tenang atau Tuma‘ninah adalah hati yang selalu dekat dengan Allah. Di dalam hatinya tidak ada seorang pun selain Allah. Doa dan mukollibal kulub adalah permintaan seorang hamba dengan harapan menerima rahmat dari-Nya dalam bentuk ketenangan pikiran.

Baca Juga :  Ikhfa Syafawi

Nah itulah tadi ulasan singkat dari suhupendidikan.com mengenai Arti Ya Muqollibal Qulub semoga dengan artikel ini dapat membantu para pembaca sehingga bisa berbagi kepada yang lainnya. terima kasih semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya :