Arti Jazakumullah khairan

Posted on

Kali ini kita akan membahas makalah materi tentang arti jazakumullah khairan yang meliputi pengertian,tulisan arab dan jawabannya lengkap

arti jazakumullah khairan

Apakah kalian sering mendengar kata-kata Jazakumullah Khairan / jazakallah khairan? Apa artinya ini, dan seberapa pentingnya untuk menjawab atau bagaimana menjawab?

1. Pengertian  Jazakumullah Khairan / Jazakallah Khairan

Beberapa hal yang tidak sepenuhnya benar mengenai penggunaan pernyataan ini di kalangan masyarakat. Seperti disebutkan di atas, terkadang hanya jazakallah atau jazakillah yang digunakan. Meskipun ini tidak sepenuhnya salah, itu berarti tidak lengkap, karena itu mempunyai arti hanya “semoga Allah membalas Anda.”


Kadang kali penggunaan atau pemakaiannya membingungkan. Karena terbiasa mengucapkan jazzakilla, seorang akhwat / wanita sering kali menggunakan ucapan ini, meskipun orang yang mereka ajak bicara adalah seorang ikwan / laki – laki.


Adapun Pengertian dari Jazakumullah Khairan / Jazakallah Khairan ialah “semoga Allah membalasmu”. Dalam penulisan arab (جزاك الله خيرا), terdiri atas dua suku kata yaitu jazakallah dan khair. Jazakallah memiliki arti “semoga Allah membalasmu”.

Khair atau khairan memiliki arti adalah kebaikan. Jadi arti lengkap dari Jazakumullah Khairan / Jazakallah Khairan adalah “semoga Allah membalasmu dengan kebaikan”.

1. جَزَاكَ اللهُ  (Jazakallahu Khairan)

Artinya : Semoga Allah Membalasmu Dengan Kebaikan Untuk Laki-laki 

2. جَزَا ك الله (Jazakillahu Khairan)

Artinya : Semoga Allah Membalasmu Dengan Kebaikan Untuk  Perempuan

3. جَزَاكُمُ اللهُ  (Jazakumullahu Khairan)

Artinya : Semoga Allah Membalas Kalian dengan Kebaikan untuk orang banyak / Jamak

2. Jawaban Jazakumullah Khairan / Jazakallah Khairan

Bagaimana kita merespon atau menjawab ketika kita menerima pernyataan ucapan JJazakumullah Khairan / Jazakallah Khairan?

Dalam Riwayat hadits shahih oleh Imam An Nasa’i dan juga Ibnu Hibban, pada saat Usaid bin Hudhair yang mewakili kaum Anshar mengucapkan terima kasih kepada Rasulullah SAW dengan jazakallah khairan, Rasulullah juga menjawabnya dengan ucapan: 

Baca Juga :  Nama-Nama Nabi dan Rosul Alloh

وَأَنْتُمْ مَعْشَرَ الْأَنْصَارِ فَجَزَاكُمُ اللهُ خَيْرًا

Artinya : “Dan kalian semua wahai kaum Anshar, semoga Allah juga membalasmu dengan kebaikan”.

Jadi, ucapan balasan dari jazakallah khairan yang telah dicontohkan Rasulullah ialah:

فَجَزَاكَ اللهُ خَيْرًا

(fa jazaakalloohu khoiro)

yang artinya: “Semoga Allah juga membalasmu, dengan kebaikan”

3. Hikmah Jazakumullah Khairan / Jazakallah Khairan

Hikmah dari uicapan Jazakumullah Khairan / Jazakallah Khairan antara lain :

1. Menjadi seseorang yang bersyukur

Dari Tirmidzi dan Abu Daud meriwayatkan hadis shahih, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

لاَ يَشْكُرُ اللَّهَ مَنْ لاَ يَشْكُرُ النَّاسَ

yang artinya : “Tidak dikatakan seseorang bersyukur kepada Allah, siapa saja yang tidak tahu/tidak bisa berterima kasih kepada sesama manusia”.

2. Mengamalkan sunah Rasulullah 

Ucapan Jazakumullah Khairan / Jazakallah Khairan adalah sunnah Rasulullah yang telah dicontohkan, maka siapa yang mengerjakannya, dia telah mengamalkan sunah Rasulullah yang akan mendapatkan amal shaleh.

3. Ucapan Do’a

Rasulullah mengajarkan kepada kita bahwa ketika kita menerima barang atau hadiah dari orang lain, kita seharusnya membalas, kebaikan, dan hadiah tersebut. Tetapi jika Anda tidak bisa, setidaknya dengan rasa terima kasih, dan berdoalah untuk hal itu.

Jadi, cukup dengan mengucapkan Jazakumullah Khairan / Jazakallah Khairan maka kita telah mendoakan orang lain tersebut.

4. Mendapatkan do’a kebaikan

Dengan kita mengucapkan Jazakumullah Khairan / Jazakallah Khairan kepada seseorang yang telah memberi kita hadiah atau jasa kebaikan, maka bila seseorang tersebut mengerti ucapan balasannya, maka kita juga akan mendapatkan do’a yang sama yakni do’a kebaikan.

5. Ucapan Terima Kasih yang terbaik

Ucapan Jazakumullah Khairan / Jazakallah Khairan adalah ucapan terbaik karena ucapan tersebut ialah sunnah Rasulullah dan telah dicontohkan oleh beliau.

Demikian dan sekian yang bisa suhupendidikan.com sampaikan semoga bermanfaat terimakasih.

Artikel Lainnya :