Arti Hadanallahu Wa iyyakum

Posted on

Kali ini kita akan membahas makalah materi tentang Arti hadanallahu wa iyyakum yang meliputi pengertian, tulisan arab dan jawabannya lengkap

Arti hadanallahu wa iyyakum

Banyak istilah -istilah dalam frasa bahasa arab dan juga penulisannya, ada beberapa ucapan yang sering kita dengar atau juga belum kita ketahui. Salah satu istilah dalam bahasa arab yakni “Hadanallahu Wa Iyyakum”. Berikut dibawah ini penjelasan lengkap mengenai ucapan Hadanallahu Wa Iyyakum.

Pengertian Hadanallahu Wa Iyyakum

Ungkapan Hadanallahu Wa Iyyakum merupakan suatu ungkapan do’a yang baik, dimana seseorang seseorang mengucapkan istilah seperti itu agar orang lain mendapat petunjuk dari Allah SWT.

Kata Hadanallahu Wa Iyyakum berasal dari bahasa arab yaitu هدانا الله yang artinya semoga Allah memberikan petunjuk/hidayah, dan wa iyyak/kum artinya sama-sama. Jadi arti dari ungkapan  Hadanallahu Wa Iyyakum ialah semoga Allah memberikan petunjuk/hidayah kepada saya dan kamu juga.


Sekadar mengingatkan diri kita dan kita semua, bahwa ada 3 faktor kunci keberhasilan dalam membuat setiap praktik ibadah atau kegiatan bernilai tinggi di hadapan Tuhan, yakni:

  • Lillahi ta’ala

Meniatkan selalu semua kegiatan hidup kita yang pada dasarnya ibadah, dengan tujuan hanya untuk Allah SWT, bukan untuk hal lain. Dalam salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW mengatakan: “Innamal ‘amalu binniat” Artinya: amal seseorang tergantung pada niatnya. “

  • Berorientasi Ukhrawi

Selalu menumbuhkan keinginan berorientasi jangka panjang, bukan jangka pendek. Itu berarti tidak hanya dunia yang kita inginkan, tetapi kita mengharapkan kehidupan di akhirat.

  • Ittiba’i Rasulullah saw

Kegiatan, kegiatan, sikap, perilaku, kata-kata dan tindakan kita harus selalu sesuai dengan apa yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Terutama hal-hal yang berkaitan dengan ibadah maghdoh.

Baca Juga :  Arti Mimpi Tentang Sapi

Hadanallah waiyyakum ajma’in (Semoga Allah selalu memberikan instruksi (kebenaran) inilah contoh ungkapan bahwa kita membutuhkan petunjuk dari Allah dalam beribadah.

Arti hadanallahu wa iyyakum

Jawaban Hadanallahu Wa Iyyakum

“Waiyyak (kamu juga)” atau “waiyyakum (kamu juga)” ketika dikatakan atau diterima dari seseorang. Apakah ada sunah yang mengatakan ini? Jadi, apa pernyataan yang benar ketika salah satu diuntungkan dari yang lain, misalnya, mengatakan: “Jazakallah khair atau barakalahu fikum”?

Berikut adalah para ilmuwan dari para cendekiawan yang terkait dengan pidato tersebut:

1. Syekh Muhammad bin Umar Bazmul (hafizhahullah Ta’ala), seorang profesor di Universitas Ummul Kuraa di Mekah ditanya: “Beberapa orang sering mengatakan” Amiin, vayyak “(artinya” Amiin, dan Anda juga “) setelah seseorang memberi tahu Jazakallah, kelancaran “(yang berarti” semoga Allah membalas Anda atas kebaikan Anda “). Apakah saya perlu terus-menerus menjawab kata ini?

Dia menjawab:

Ada banyak kisah para sahabat dan Nabi (damai dan berkah Allah besertanya) dan ada kisah yang menjelaskan tindakan para ulama. Dalam sejarah mereka yang mengatakan “Jazakalahu Kiran”, tidak ada yang menyebutkan bahwa mereka merespons secara khusus dengan kata-kata “wa iyyaakum”.

Karena itu, mereka yang, setelah sembahyang, menjaga kata “wa iyyaakum” dan tidak mengatakan “kedekatan dengan Jazakallah,” jatuh ke dalam sesuatu yang baru yang ditambahkan (untuk agama).

2. Al-Allamah Asa-Sheikh Al-Muhaddits Abdul Muhsin Al-Abbad hafizahullah Taala ditanya: apakah ada bukti bahwa, dalam menjawab kata-kata “wa iyakum” (Anda juga)?

Dia menjawab:

“Tidak ada alasan, karena dia juga mengatakan” rambut jazakallah “(semoga Allah membayarmu dengan baik), yaitu, berdoa sambil berdoa, meskipun kata-kata seperti” wa iyakum “seperti athaf (ikuti) kata” jazaakum “yaitu , “Vayyakum” berarti “kami dan kamu memiliki kebaikan,” tetapi jika dia mengatakan “jazakalallah khair” dan menyebutkan doa Nash, tidak ada keraguan bahwa ini lebih penting dan lebih penting. “

Baca Juga :  Arti Mimpi Tentang Sahur

3. Almarhum Syekh Ahmad bin Yahya An-Najmi (hafizhahullah Ta’ala) ditanya: “Apa hukum ungkapan” Sukran “(terima kasih) kepada seseorang yang telah berbuat baik bagi kita?

Dia menjawab:

Mereka yang melakukan ini telah meninggalkan yang paling penting, dengan mengatakan: “Penyebab Jazaakallah (semoga Allah membayarmu dengan baik”). Dan Allah adalah kemenangan.

Jawab “Wafik barakallah”.

Ketika seseorang memberi tahu kami kalimat “Barakallahu fiikum atau Barakallahu fiika”, kami menjawab ini: “Wafik barakallah” (semoga Allah memberkati mereka) (lihat Ibn Sunnit, bab 138, No. 278, lihat Vaabilush Shayyib Ibnil Kayim, hal. 304. Tahkik Muhammad Uyun)

Jawab “Jazzakallah Khair”.

Ada sebuah hadits yang mengatakan bahwa sunahnya mengatakan “jazakallah kwai” dari Osama bin Zayed Radhiyallahu ankhu bahwa Nabi semoga Allah memberkatinya dan menyambutnya, mengatakan:

“Siapa pun yang berbuat baik padanya, dan dia menjawab, mengatakan: rambut jazaakallahu (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka itu sudah cukup untuk mengungkapkan rasa terima kasihnya.” (HR At-Tirmidzi (2035), An-Nasaai di Al-Kubra (6/53), Al-Maqdisi di Al-Muhtar: 4/1321, Ibn Hibban: 3413, Al-Bazzar dalam Muskadnya: 7/54 Timur Hadits dibacakan oleh Al-Albani di Tirmiji Shahiha)

Demikian dan sekian yang bisa suhupendidikan.com sampaikan mengenai Arti hadanallahu wa iyyakum semoga bermanfaat terima kasih.

Artikel Lainnya :