Arti Barakallah Fiikum

Posted on

Kali ini kita akan membahas maklah materi tentang arti barakallah fiikum yang meliputi Pengertian, jawaban dan balasan doa nya lengkap

arti barakallah fiikum

Kalian sudah tahu belum apa itu Barakallah Fiikum? Bagaimana kita menanggapi atau membalas ucapan Barakallah Fiikum? Bagaimana cara menggunakan dan waktu yang tepat dalam mengucapkan kata Barakallah Fiikum? Baiklah, kita akan segera membahas dalam artikel ini tentang materi keagamaan mengenai pengertian Barakallah Fiikum dan jawabannya serta penggunaan penuhnya di bawah ini secara lengkap.

Pengertian Barakallah Fiikum

Dalam  tulisan bahasa arab Barakallah Fiikum ditulis sebagai berikut :


( بَارَكَ اللهُ فِيْكُم )

kalimat diatas terdiri dari 3 kata, yakni “Baaraka ( بَارَكَ ), Allah ( اللهُ ), dan Fiikum ( فِيْكُم )”. 

 “baaraka” mempunyai arti berkah, “Allah” tetap Allah (artinya tetap Allah Yang Maha Kuasa), sedangkan “fiikum” mempunyai arti kalian / anda.


Jadi jika dipanjangkan atau digabung semua, pengertian dari barakallahu fiikum (dalam tulisan arab; بَارَكَ اللهُ فِيْكُم ) artinya yakni “Semoga Allah memberkahi kalian” / “Semoga kalian di berkahi oleh Allah”.

Pengucapan dari doa “Baarakallah” biasanya disertai dengan penambahan kata “fiika (فيك)”, “fiiki (فيك)” atau “fiikum (فيكم)”, yang berarti untuk Anda (untuk pria / tunggal), untuk Anda (untuk wanita / tunggal) dan untuk Anda ( dalam hal ini banyak orang / jamak).

Jawaban / Balasan Do’a Barakallah Fiikum

Mengenai tanggapan orang-orang yang mengatakan ucapan barakallah fiikum tergantung dari pada siapa yang mengatakan dan berapa banyak orang yang mengatakan ucapan tersebut. Oleh karena itu, cara untuk dapat menjawab kata ucapan dari Barakallah FiiKum ialah sebagai berikut dibawah ini :

Baca Juga :  Penyakit Ain Dalam islam

Wa fiika barakallah berarti “Allah memberkahimu” (untuk laki-laki dalam hal ini tunggal)

Wa fiiki barakallah berarti “Allah memberkahimu” (untuk wanita dalam hal ini tunggal)

Wa fiikum barakallah “Semoga Allah memberkahi kalian semua” (jamak pria dan wanita / lebih dari satu atau banyak orang)

Wa Fiihim Baarakallaah” Allah memberkahi mereka semua“(jamak pria dan wanita untuk banyak orang)

Dalam hadis yang telah diriwayatkan oleh Iman An-Nasa’i atas dari Ummul Mukminin ‘Aisyah R.a, bahwa Balasan ucapan Barakallah Fiikum ialah,

Arti dari hadis tersebut :

“Aku memberikan hadiah seekor domba kepada Rosulullah shollallahu ‘alaihi was sallam. Kemudian selanjutnya beliau Rosulullah shollallahu ‘alaihi was sallam menyuruh dengan mengatakan, “Bagi lah domba itu menjadi dua bagian untuk di sedekahkan)”.

(Maka daging domba tadi diantarkan oleh pembantu Rosulullah shollallahu ‘alaihi was sallam) Dan sudah menjadi kebiasaan ‘Aisyah ra bila pembantunya pulang dari mengerjakan pekerjaan seperti yang semisal itu, ia menanyakan, “Apa yang mereka katakan?” Pelayanannya tersebut menjawab, “Baarakallaah Fiikum”.

‘Aisyah rodhiyallahu ‘anha pun juga mengatakan, “Wa Fiihim Baarakallaah” kita sudah membalas do’a mereka dengan doa yang semisal itu dan tetap bagi kita pahala dari perbuatan baik yang telah kita kerjakan.

Penggunaan Do’a Barakallah Fiikum

Dalam ucapan Barakallahu Fiikum ini biasanya dipakai dalam segala situasi, sebab kalimat tersebut ialah do’a yang baik dan bagus. Berikut dibawah ini beberapa contoh dari penggunaan barakallahu fiikum yang sering kita pakai :

  • Salam / salam bagi pengantin baru.
  • Selamat untuk pasangan yang telah diberkahi dengan diberi seorang bayi
  • Sebagai ucapan selamat / alternatif untuk pasangan atau seseorang yang sukses dalam karir pekerjaannya misal sedang naik pangkat atau mendapatkan promosi jabatan
  • Pasangan / keluarga yang memberi kami hadiah bisakita ucapkan Barakallah Fiikum, namun, itu biasanya diucapkan sebagai pesan ucapan selamat / salam untuk pasangan / keluarga yang memberikan tersebut dan ditambahkan kalimat  “Barakallahu fiikum, wa baroka alaikuma”.
  • Sebagai ucapan gantinya untuk berterima kasih atas hadiah atau layanan  dari orang banyak.
  • Sebagai doa singkat untuk mereka yang terkena dampak bencana alam.
  • dan lain sebagainya
Baca Juga :  Arti Mimpi Tentang Ikan

Demikian dan sekian ini lah yang bisa suhupendidikan.com sampaikan mengenai arti barakallah fiikum semoga bermanfaat terimakasih

Artikel Lainnya :