Arti Barakallah Fii Umrik

Posted on

Kali ini kita akan membahas makalah materi tentang arti barakallah fii umrik yang meliputi tulisan arab dan hikmahnya lengkap

arti barakallah fii umrik

Penjelasan

Apakah Anda pernah diberi ucapan kata “Barakallah Fii Umrik”? Jadi apa artinya ini dan bagaimana tulisan arab dan hikmahnya dalam ajaran Islam?

Kalian sering mendengarkan ucapan barakallah ketika seseorang bertambah usia atau ulang tahun kelahiran. Atau bahkan kalian pernah menerima ucapan selamat seperti itu.

Seperti kita ketahui bersama, ulang tahun merupakan penanda dalam perjalanan hidup. Dan ucapan selamat ulang tahun benar-benar menjadi salah satu cara yang baik untuk membuat orang yang berusia bertahun-tahun untuk menjadi senang dan bahagia.

Oke, dikutip oleh beberapa sumber, dibawah ini tulisan dalam bahasa arab dan makna Barakallah fii umrik, serta hikmahnya sebagai berikut .

1. Tulisan Arab dan artinya.

Barakallah fii umrik dalam aksara arabnya adalah sebagai berikut :


بارك الله في عمرك

Artinya: Semoga Allah memberkahi Anda selalu di usia Anda.

2. Respon / balasan do’a untuk Barakallah fii umrik


Doa, yang sering diungkapkan bersamaan dengan hari ulang tahun, adalah doa yang baik yang dikatakan oleh seorang Muslim.


Dan jawaban atas kata-kata “Barakallah fii umrik” ialah “wa fiika barakallah” jika itu untuk pria, atau “wa fiiki barakallah” jika itu untuk wanita, yang berarti bahwa Allah juga akan memberkahi Anda.


Penggunaan “ka” dan “ki” mirip dengan bagaimana kita mengatakan “syafakalla” kepada pria yang sakit, atau “syafakilla”, seperti yang dikatakan wanita.

3. Hikmah dan Hukum dari ucapan Barakallah fii umrik

Di kalangan ulama, aturan umum dapat berlaku jika sesuatu tidak bertentangan dengan hukum Islam, itu bisa diterapkan. Karena itu, hukum ucapan selamat ulang tahun adalah mubah, atau itu boleh dilakukan. Mubah ialah apa, ketika dilakukan, tidak bersalah dan tidak berdosa. selanjutnya, jika tidak dilakukan, tidak bersalah dan tidak berdosa.

Baca Juga :  Ma Fi Qalbi Ghairullah Artinya

Jadi, selama tidak ada hal buruk di dalamnya, ucapan itu tidak berbahaya. Sehubungan dengan keterangan ini, para ulama menyimpulkan dengan salah satu kisah yang diceritakan oleh Imam Bukhari. Suatu hari, seorang teman Nabi bernama Kaab bin Malik mendengar kabar baik dari Nabi tentang menerima pertobatannya. Oleh karena itu, teman Talhah bin Ubaidillah yang lain, yang mengetahuinya, memberi selamat kepadanya.

4. Makna dan Hikmah dari ucapan Barakallah fii umrik

Arti dari Baracalla dalam dirinya adalah untuk berdoa bagi seseorang agar usianya berguna dan diberkahi Allah Yang Mahakuasa. Kita tahu bahwa umat Islam, umat Nabi Muhammad tidak meninggalkan ajaran perayaan ulang tahun.

Perayaan yang dimaksudkan ialah menyalakan lilin, serta pesta-pesta yang tidak memiliki makna dari bersyukur dan beribadah kepada Allah SWT.

Nabi tidak pernah merayakan hari ulang tahunnya. Baik istrinya Khadijah maupun istri-istrinya yang lain tidak merayakan ulang tahun Nabi Muhammad.

Akan tetapi, beberapa kisah Hadits menjelaskan bahwa salah satu alasan mengapa Nabi sering berpuasa pada hari Senin ialah karena Nabi dilahirkan pada hari itu.

Seperti dalam salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Nabi pernah menyebut Barakallah fii umrik kepada salah seorang sahabatnya.

4. Kesimpulan

Dalam pengucapan selamat ulang tahun, selamat milad, yaumul milad atau salam selamat ulang tahun lainnya dalam bahasa arab tidak berguna atau tidak berarti memiliki tuntunan dalam ajaran islam dan juga tidak ada larangan yang jelas.

Bahkan di hari ulang tahunkita sendiri. Tidak ada yang namanya ulang tahun dalam ajaran Islam. Dalam ajaran Islam ada doa untuk umur panjang dan keberuntungan. Dapat digunakan kapan saja, dan tidak khusus pada hari ulang tahun saja.

Baca Juga :  Mad Layyin

Yang terbaik dari semuanya ialah, kita tidak melakukan perayaan yang tidak bermanfaat untuk ulang tahun, apalagi mengandung unsur kemungkaran dan juga pemborosan.

Bagaimanapun, kita ingin merayakan ulang tahun kita, seharusnya mempertimbangkan refleksi dan dampak positif dan semestinya banyak bersyukur dan minta maaf mohon ampun kepada Allah SWT.

Artikel Lainnya :