Arti Ana Uhibbuka Fillah

Posted on

Alhamdulillah marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Alloh subhanahu wata’ala yang telah memberikan kita kesehatan jasmani dan rohani sehingga kita bisa berbagi informasi kembali tentang arti ana uhibbuka fillah.

arti ana uhibbuka fillah

Tak lupa sholawat dan salam kita junjungkan kepada nabi besar kita yaitu nabi Muhammad  ﷺ  beserta keluarga dan para sahabat dan umat nya kelak yang akan menantikan syafaat beliau di yaumil qiyamah.

Kali ini kita akan membahas makalah materi tentang arti ana uhibbuka fillah yang meliputi Penjelasan, tulisan arab, makna dan jawabannya lengkap

Penjelasan Arti Ana Uhibbuka Fillah

إني أحبك في الله

Inni Uhibbuka  Fillah atau Inni Uhibbuki Fillah. yang arti nya adalah :

Inni Uhibbuka fillah: Sebenarnya aku mencintaimu karena Allah (berbicara kepada Ikhwan)

Inni Uhibbuki Fillah: sesungguhnya, aku mencintaimu karena Allah (berbicara dengan Akhwat)

Ana uhibbuka fillah berarti aku mencintaimu karena Allah. Dhommir (kata ganti) “ka” untuk Anda, pria, dan “ki” untuk Anda, wanita.

(Semoga Allah mencintaimu, Dia lah yang membuatmu mencintaiku).

Uhibbuka / Uhibbuki Fillah lawan Jawaban – إني أحبك في الله

Ini Adalah jawaban untuk saudaramu, yang mengatakan Inni Uhibbuk fillah :

أَحَبَّكَ الَّذِيْ أَحْبَبْتَنِي لَهُ

“Ahabbakalladzi ahbabtani lahu” (Semoga Allah mencintaimu, dan yang mencintaiku karena Dia) [1]

HR Abu Dawud. Al-Albani menyatakan bahwa hadis ditulis dalam Sahih Sunan Abi Dawud.

Catatan:

itu berarti:

Arti Ana Uhibbuka Fillah

“Sesungguhnya, aku mencintaimu karena Allah.”

sumber:

Syekh Muslim Hasal Dr. Saeed bin ‘Ali bin Waf al-Kahtani

Innie Uhibbuka Fillah

Salah satu perintah dalam Islam adalah mengakui cinta karena Allah. Tetapi, tentu saja, cinta tidak diungkapkan kepada lawan jenis, yang tidak sah karena godaan besar ada di baliknya.

Baca Juga :  Arti Barakallah fiik

Seorang pria tidak diperbolehkan untuk mengatakan “Aku mencintaimu karena Allah” kepada seorang wanita kecuali wanita itu adalah istrinya atau mahram lainnya.

Demikian pula, kami tidak pernah menemukan kisah yang mengatakan bahwa Nabi Muhammad  pernah mengatakan ungkapan kepada salah satu dari mereka.

Mengenai hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Abu Daoud dari teman-teman Anas bin Malik, ia berkata:

Arti Ana Uhibbuka Fillah

Bahwa ada seorang teman yang di sisi Nabi Muhammad ﷺ, maka seseorang melewati depan mereka. Kemudian teman ini berkata: “Oh, Utusan Allah, sebenarnya, aku benar-benar mencintai orang ini.” Kemudian Nabi  ﷺ berkata kepadanya: “Sudahkah kamu memberitahunya cintamu padanya? “Dia berkata:” Belum. “Dia berkata:” Jika demikian, pergi dan katakan padanya. ” Karena itu, dia langsung mendatangi orang itu dan berkata, “Inni uhibbuka Fillah” (sebenarnya, aku mencintaimu karena Allah), dan kemudian dia menjawab: “Ahabbakalladzi ahbabtani lahu” (Semoga Allah mencintaimu, Dia yang membuatmu mencintai saya karena-Nya).

Hadits ini diriwayatkan oleh Ahmad dalam Musnad-nya dan Abu Dawud dalam Sunan-nya. Hadits ini juga menceritakan at-Tabrani di Al Mujam. Dalam sejarah At-Tabrani ada satu hal lagi: “Lalu teman ini kembali kepada Nabi, damai dan berkah Allah besertanya.” Mendengar kisah sahabat ini, Nabi semoga Allah memberkatinya dan menyambut dan berkata: “Anda akan bersama orang yang Anda cintai, dan untuk Anda – hadiah untuk apa yang Anda harapkan dari cinta Anda.” Hadits ini dianggap otentik oleh Al-Hakim dan Ibn Hibban dan disetujui oleh Al-Jahabi dalam Al-Mustadraq (189/4).

Dari Khabib bin Ubeid, dari Mikdam ibn Madi Karib – dan Khabib bertemu Mikdam ibn Madi Karib – ia berkata: “Nabi  ﷺ, mengatakan:

Arti Ana Uhibbuka Fillah

“Jika salah satu dari kalian mencintai saudaranya, biarkan dia memberi tahu saudaranya bahwa dia mencintainya” (diriwayatkan oleh Bukhari dalam “Adabul Mufrod” No. 421/542, Sheikh Sheikh Al-Albani yang sebenarnya)

Baca Juga :  Arti Tawadhu

Dari Mujahidin dikatakan:

Arti Ana Uhibbuka Fillah

“Ada salah satu sahabat Nabi  ﷺ, dan kemudian dia meraih pundakku dan berkata:

أما إني أحبّك

“Saya sangat mencintai kamu”.

Lalu dia berkata:

Arti Ana Uhibbuka Fillah

“Semoga Allah mencintaimu, Dia yang membuatmu mencintai saya karena-Nya. “

Dia berkata: “Jika saja Nabi  ﷺ  tidak akan mengatakan:” Jika seorang pria mencintai saudaranya, dia harus membiarkan dia tahu bahwa dia mencintainya, “maka tentu saja saya tidak mengatakan apa yang saya sudah bilang “. Kemudian dia menawarkan saya sebuah tawaran, dengan mengatakan:

“Kami memiliki seorang budak, dia memiliki satu mata silahkan ambillah”

(HR Bukhari dalam “Adabul Mufrod” 422/543. Sheikh Al Albani mengatakan bahwa ini adalah hadits sahih).

Ini adalah ajaran Islam, yang mengajarkan untuk saling mencintai. Ketika kita mencintai saudara dan saudari kita karena Allah, ungkapkan cinta ini dengan mengatakan: “Inni uhibbuk” atau “Inni uhibbuk fillah”. Kemudian, ketika saudaranya mendengar, jawab: “ahabbakallahu alladzi ahababtani lahu” (semoga Allah, yang membuatmu mencintaiku, juga mencintaimu). Dan ini menunjukkan bahwa cinta dan kebencian terhadap orang lain harus dibangun karena Tuhan, dan bukan karena tujuan dunia.

Ibnu Abbas berkata

“Siapa pun yang mencintai dan membenci karena Allah, dan menjadi teman dan menentangnya karena Allah, Sesungguhnya, dengan cara ini bantuan Tuhan diperoleh . Seorang hamba tidak dapat merasakan nikmat iman, bahkan jika mereka melakukan sholat, berdoa dan berpuasa sampai dia  melakukan hal tersebut , Sungguh, sebagian besar persahabatan mereka hanyalah semata-mata didasarkan pada kepentingan global. Persahabatan seperti itu tidak bermanfaat bagi mereka. ”(HR. Ibn Jarir, disebutkan dalam kitab Tauhid Sheikh Mohammed di Tamimi)

Al Hassan Al Bashri berkata:

Arti Ana Uhibbuka Fillah

“Sesungguhnya, hamba yang Allah cintai adalah orang yang mencintai Allah melalui hamba-Nya dan mencintai hamba Allah karena Allah. Di bumi, dia juga memberikan manfaat kepada orang lain. ”(Jaami’ul‘ Ulum val Hikam, 1: 224).

Baca Juga :  Walisongo

Demikian dan sekian yang bisa suhupendidikan.com sampaikan mengenai arti uhibbuka fillah semoga kita senantiasa mencintai sesama karena Allah subhanahu wata’ala ..amin ya roobal alamin…

Terima kasih semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya :