3 Cara Langsing Alami Setelah Melahirkan

Posted on

Penjelasan Cara Langsing Alami Setelah Melahirkan

3 Cara Langsing Alami Setelah Melahirkan

Cara langsing setelah melahirkan memang bisa dikatakan sangat mudah dan bisa pula dikatakan sulit. Semua itu bergantung pada masing-masing wanita seberapa besar keinginannya untuk langsing kembali.

Jadi, bila memang memiliki keinginan yang sungguh-sungguh langsing kembali, cara sederhana pun sudah cukup untuk membuatnya langsing kembali.

Sebaliknya, bila tak memiliki keinginan yang sungguh-sungguh untuk langsing atau bermalas-malasan, cara mahal pun percuma saja dilakukan.

3 Cara Langsing Alami Setelah Melahirkan

Keadaan tubuh wanita yang telah melahirkan memang tak bisa dengan sekajap berubah normal kembali seperti saat sebelum hamil. Perut yang menggelembung dan banyak lemak sangatlah tak enak dilihat oleh diri sendiri, apalagi oleh orang lain.

Oleh sebab itulah, simak cara melangsingkan tubuh setelah melahirkan berikut ini.

1. Memakai Stagen

Para orangtua pasti sering mengingatkan anak perempuannya yang baru melahirkan untuk memakai stagen setelah melahirkan.

Ternyata, rutin menggunakan stagen adalah cara langsing alami setelah melahirkan dan juga membantu mengecilkan perut setelah melahirkan.

Ya, hal ini terbukti banyaknya orangtua yang tak bosan-bosannya mengingatkan anak perempuannya untuk memakai stagen selama 40 hari setelah melahirkan.

Pada dasarnya, rahim akan mengecil kembali secara alami setelah melahirkan, tetapi bagian perut biasanya terlihat lembek dan susah dilangsingkan.

Nah, perut kencang dan tubuh menjadi langsing kembali seperti semula adalah impian setiap wanita setelah melahirkan. Oleh sebab itulah, gunakan stagen khusus untuk ibu setelah melahirkan.

Cara Memilih dan Menggunakan Stagen

Pilih Stagen yang Tepat

Baca Juga :  7 Cara Diet Sehat Tanpa Obat Pelangsing

Cara langsing alami setelah melahirkan menggunakan stagen haruslah hati-hati. Jangan terlalu kencang memasang stagen sebab akan menyebabkan sesak napas dan juga merasa tak nyaman menjalani aktivitas sehari-hari sebagai seorang ibu baru.

Selain itu, pilih juga stagen yang sifatnya elastis dan mampu menyerap keringat. Adapun saran dari para wanita yang telah berpengalaman, memang stagen bisa membantu mengembalikan perut langsing, tetapi penggunaannya tidak boleh sepanjang hari.

Kapan stagen harus dilepas? Lepaslah stagen saat akan tidur supaya bagian kulit di sekitar perut bisa bernapas kembali.

Sementara itu, untuk yang menjalani operasi caesar, tidak disarankan memakai stagen, sebab luka di bagian perut bekas operasi caesar membutuhkan penyembuhan beberapa waktu.

Jadi, sebelum memustuskan untuk menggunakan stagen, berkonsultasilah ke dokter kandungan tentang pemakaian stagen yang aman untuk para ibu yang melakukan operasi caesar.

Untuk cara memakai stagen bagi yang melakukan operasai caesar, mulailah memakainya dari bagian bawah luka bekas operasi, yaitu setinggi pinggul hingga ke atas pusar.

Tapi hati-hati, jangan sampai terlalu tinggi, sebab luka operasi yang tertekan oleh stagen sama efeknya seperti patah tulang yang diberi gips.

Bila terjadi iritasi pada luka bekas operasi ataupun gatal, sebaiknya menghentikan pemakaian stagen. Dokter kandungan pun akan menganjurkan untuk menghentikan pemakaian stagen jika menyebabkan luka setelah operasi caesar menjadi iritasi.

2. Konsumsi Ramuan Tradisional

Tradisi zaman dulu yang sampai saat ini masih dimanfaatkan untuk ibu setelah melahirkan adalah tapel. Inilah cara langsing alami setelah melahirkan selanjutnya.

Balurkan tapel yang sudah dicampur dengan jeruk nipis dan kapur sirih ke bagian perut sebelum Anda memakai stagen.

Adapun khasiat dari ramuan ini adalah untuk mengurangi rasa nyeri di bagian perut, melangsingkan perut, dan juga memulihkan kembali kulit perut setelah melahirkan.

Baca Juga :  5 Cara Singset Alami yang Menguntungkan Tubuh

Untuk pemakaian tepel bagi para ibu yang telah menjalani operasi caesar, disarankan menunggu sampai waktu 2 minggu sesudah melahirkan atau sampai lukanya divonis sembuh oleh dokter kandungan. Sebaiknya pula tapel tak mengenai area bekas luka operasi caesar.

3. Senam Nifas

Cara langsing alami setelah melahirkan berikutnya adalah melakukan senam nifas. Inilah cara efektif untuk melangsingkan perut setelah melahirkan secara alami tanpa harus mengonsumsi berbagai macam obat ataupun jamu pelangsing perut.

Tapi, tak sedikit ibu yang sudah melahirkan mengabaikan cara ini sebab mereka tak tahu apa itu senam nifas dan juga tak memiliki cukup waktu untuk melakukannya. Padahal senam ini dapat dilakukan di rumah.

Senam nifas setelah melahirkan dilakukan dengan posisi awal duduk atau bisa juga bersila dan menggerakkan tubuh agar otot-otot yang mengalami peregangan selama masa kehamilan sekaligus persalinan bisa kembali normal seperti semula saat sebelum hamil.

Senam nifas bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan rahim, perut, dan juga bagian otot pinggul yang mengalami trauma ketika persalinan.

Tak hanya itu, gerakan dalam senam nifas pun akan mempercepat perut berubah seperti semula menjadi kencang dan langsing. Tapi ingat, syaratnya adalah rajin dan secara konsisten terus lakukan senam nifas.

Cara langsing alami setelah melahirkan tak harus mengeluarkan biaya mahal seperti membeli obat pelangsing atau melakukan terapi kesehatan yang mahal harganya. Cukup dengan memakai stagen, ramuan tradisional, dan senam nifas, tubuh pun dijamin akan langsing kembali seperti dulu asalkan rajin melakukannya di rumah.

Artikel Lainnya :